Beranda ACEH TENGAH

Warga Jamat Merindukan Sinyal Internet

BERBAGI

Redelong (LeuserAntara): Satu Mukim di Kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah sudah puluhan tahun belum dapat menikmati kecanggihan teknologi, khususnya dalam hal telekomunikasi. Tak jarang warga haru mencari tempat yang lebih tinggi untuk mendapatkan sinyal, itupun butuh tenaga dan waktu untuk mendapatkan sinyal.

Menurut warga, sudah sejak 2014 lalu mereka menginginkan adanya satu BTS. Untuk hal itu beberapa kali surat dibuat dan diberikan ke pihak berwenang, namun sampai tahun 2020 belum juga terealisasi.

“Kami sudah beberapa kali menyurati baik pemerintah daerah sejak 2014 lalu. Namun surat kami tak berjawab sampai saat ini demikian juga ke pihak provinsi,” kata Julfan Aman Ika yang sudah menetap di Desa Jamat, (11/11).

Jamat yang terkenal dengan Legitnya buah Durian, namun dari segi tehnologi tak “semanis” desa lain yang sudah melek dan bisa melihat dunia luar dengan sebuah Hanpon. Lain lagi permasalahan lain terkait dengan prasarana dan sarana pendukung yang masih minim.

Disampaikan Kepala Desa Jamat, Rizal Mansyah mereka kalau hendak memberikan kabar kepada keluarga jika ada kemalangan harus menuju satu bukit untuk mendapatkan sinyal, itupun tidak dekat.

“Sunguh lelah kami puluhan tahun merdeka negeri ini kami belum bisa mendapatkan informasi secepat saudara-saudara kami di luar sana. Apalagi kalau mau berkirim kabar kalau ada kemalangan harus menempuh jarak lima kilometer untuk mendapatkan sinyal,” keluh Rizal Mansyah dengan raut wajah memelas.     

Lanjut Rizal di Kemukiman Jamat yang terdapat lima desa, mempunyai 2500 jiwa dengan 1500 KK. Jumlah ini sangat ramai dengan jarak tempuh dari Kota Takengon selama 2 jam perjalanan dengan sebagian badan jalan masih membutuhkan perhatian pemerintah.

Geografis Kecamatan Linge sendiri kebanyakan wilayah perbukitan, sebagian membelah dengan Kecamatan Linge dan berbatas dengan Kabupaten Gayo Lues.

Menurut Bupati Shabela Abubakar pohaknya akan terus berupaya untuk menyahuti keluhan warga di Kecamatan Linge dengan pihak terkait lainya termasuk Telkomsel dan Kominfo Aceh.

“Kita akan segera surati pihak Kominfo Aceh melalui Gubernur Nova Iriansyah. Daerah ini sudah terlalu lama tanpa sinyal, dan hanya 21 kilometer untuk menempuh ke Kabupaten Tamiang,” kata Shabela Abubakar.

Keluhan warga Linge, akan kita upayakan segera terjawab dengan berkoordinasi dengan pihak provinsi Aceh, tutup Shabela Abubakar.(wan kurnia)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here