Beranda ACEH TENGAH

Tiba di Kota Kopi, Wapres Ma’ruf Amin Resmi Buka PTQ Ke-52 RRI

BERBAGI

TAKENGEN (LeuserAntara): Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) Ke-52 RRI Tingkat Nasional Tahun 2022 resmi dibuka Wakil Presiden RI,  KH Ma’ruf Amin di Kota Takengen, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

Ma’ruf Amin yang tiba di kota “kopi” ini, Rabu (13/4), dalam sambutannya mengajak seluruh umat Islam Indonesia untuk memahami Al Qur’an. Disebutkan, Al Qur’an selain mengajarkan tentang ibadah juga mengajarkan tentang tata pergaulan antar manusia melalui sikap yang terpuji.

“Bila memahami Al-Quran dengan benar dan konsisten mengamalkannya, maka tidak ada lagi praktik yang sifatnya tidak baik,” katanya.

Menurutnya, dalam menghadapi segala persoalan dan tantangan, hendaknya setiap umat muslim kembali ke Al-Qur’an sebagai manual book.  “Al-Qur’an jangan hanya menjadi jargon yang kehilangan makna, umat Islam harus memahami isi di dalamnya, melalui bimbingan dan tuntunan ulama.”

Al-Qur’an juga lanjut Wapres RI ini, dapat memberikan tuntunan bagi pengembangan ilmu pengetahuan lewat surat pertama yang berbunyi “iqra”.  Al-Quran juga mengandung ajaran tentang prinsip-prinsip ekonomi. Bahkan Syekh Nawawi Al-Bantani ketika menafsirkan ayat khudzu hidzrakum (Surat Hud), memberikan penjelasan bahwa ayat ini juga menunjukkan tentang kewajiban menjaga diri.

Sementara, pelaksanaan PTQ RRI di 2022 ini, dia menyampaikan apresiasi kepada RRI beserta segenap pihak yang mendukung penyelenggaraan PTQ RRI Tingkat Nasional ke-52.

“Saya berharap acara ini dapat menjadi media yang menyuburkan syiar Islam yang penuh kedamaian dan tidak membeda-bedakan,” harapnya.

“Pekan Tilawatil Quran RRI ini diharapkan dapat semakin mendorong dan meningkatkan perhatian umat Islam. terutama generasi muda untuk tekun membaca, mempelajari dan mengamalkan Al-Qur’an di tengah derasnya arus perubahan sosial dan budaya, serta globalisasi dan transformasi digital dewasa ini,” ungkap Ma’ruf.

Sementara itu Direktur Utama LPP RRI, Hendrasmo mengatakan, ada misi penting yang harus dijaga dan dilaksanakan dalam penyelenggaraan PTQ kedepannya.

“Mengutip pidato pak Wapres, ia berharap agar PTQ RRI juga dapat mendorong perhatian umat Islam terutama generasi muda. Nah melalui generasi muda inilah kami mengajak mereka untuk mengikuti lomba membaca Al Qur’an.”

Ditambahkan, jumlah peserta PTQ tahun ini meningkat dari sebelumnya. Dimana angka peserta mencapai 3.000 lebih. Mereka semua terdiri dari anak milenial dan setelah milenial.

“Generasi muda adalah modal utama dalam membangun bangsa, kami di RRI juga memiliki tugas untuk mengawal bangsa dalam bingkai NKRI. Disinilah peran kami melalui kegiatan keagamaan atau PTQ RRI ini akan bergulir dari kota-kota di seluruh Indonesia,” sebut Herdrasmo. (Ir)

 

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here