Beranda ACEH TENGAH

Peduli Petani PT PLN “Dongkrak” Hasil Panen Cabai di Silih Nara

BERBAGI

TAKENGON (LeuserAntara): Hasil panen cabai yang menjanjikan di Kampung Semelit Mutiara Kecamatan Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah membuat petani di sana tersenyum sumringah.

Selain hasil melimpah mereka juga bisa menikmati hargai jual cabai yang saat ini cukup baik di pasaran.

Petani yang tergabung dalam kelompok tani Kala Silih Nara itu, mendapat dukungan dari pihak PT PLN (Persero) UPP SUMBAGUT 2-PLTA Peusangan 1 dan 2 selaku pemberi program bantuan beserta Camat Silih Nara yang diwakili Al Ikhwan, Kepala BPP Silih Nara Armia Putra.

Kelompok tani Kala Silih Nara ini merupakan salah satu Kelompok Tani yang mendapat bantuan berupa pelatihan dan pendidikan serta bantuan modal pada program TJSL PLN Tahun 2022 untuk Penanaman Tanaman palawija jenis Cabai.

Sudirman (40) ketua Kelomtan Kala Silih Nara kepada media ini Minggu (25/12) mengaku sangat bersyukur dan berterimakasih kepada PLN UPP SUMBAGUT 2 yang telah membantu mereka baik didalam pendanaan maupun pelatihan melalui program TJSL.

“Dengan adanya bantuan dan pelatihan dari PLN hasil panen kami meningkat tajam dari sebelumnya, Terimakasi kepada PLN UPP Sumbagut 2,” sebutnya.

Melihat keberhasil masyarakat dalam berbudidaya tanaman cabai musim ini, Camat Silih Nara Darmawi juga menyampaikan apresiasi kepada Pihak PLN yang telah peduli dalam pemberdayaan masyarakat.

“Saya ucapkan terimakasih kepada PLN yang telah memberdayakan masyarakat sekitaran proyek di Kecamatan Silih Nara dan mudah- mudahan program itu berlanjut dengan cakupannya lebih luas lagi,” tukasnya

Sementara itu, di sela-sela panen raya dalam acara temu ramah, pihak PLN yang diwakili oleh Manager Bagian Perijinan dan Umum, Rizka Afri Kiniko mengatakan kegiatan kali ini melihat secara langsung panen kelompok tani binaan PLN.

“Program ini merupakan salah satu dari total 7 kegiatan yang dilaksanakan di 2022,” ungkapnya.

Menurut dia, pihaknya sangat bangga bisa melihat seluruh anggota kelompok tani Kala Silih Nara merasakan panen dengan hasil yang baik, sesuai dengan apa yang diharapkan para petani.

“Hasil panen nya luar biasa bahkan diluar ekpektasi kita sebelumnya, hasilnya cukup melimpah,” pungkasnya.

Keberhasilan budidaya cabai oleh kelompok tani ini, lanjutnta, berkat ketekunan dan semangat angota kelompok tani.

“Peran kami sangat sedikit dalam hal ini, semangat, keseriusan dan kegigihan para anggota kelompoklah yang menjadikan hasil panen seperti ini. Kami berharap program ini bisa berkelanjutan sehingga hal ini bisa menjadi salah satu opsi untuk peningkatan ekonomi anggota kelompok,” ucapnya.

DIkesempatan itu juga, PLN meminta dukungan kepada semua pihak agar proyek PLTA Peusangan 1&2 dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang direncanakan dengan harapan hal-hal menjadi kendala saat ini terutama yang sedang dihadapi dapat segera menemui titik terang. (Ir)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here