Beranda ACEH TENGAH

Pecinta Bonsai Menggeliat di Gayo

BERBAGI

TAKENGEN (LeuserAntara): Bertujuan memperkenalkan secara luas tanaman bonsai di Dataran Tinggi Gayo, Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Aceh Tengah gelar siratuhrahmi dan “demo” bonsai di Uning Kirip, Kec. Bebesen.

Kegiatan tersebut diikuti puluhan penggemar bonsai di sana. Mereka secara bersama-sama “membedah” beberapa jenis bonsai seperti; kimeng, sisir, ulmus, posobulu dan jenis tanaman hias lainnya.

“Kita berharap melalui kegiatan seperti ini, setiap anggota dapat saling bertukar pengalaman dalam berbudidaya bonsai di Gayo ini. Sehingga ke depan, animo peminat bonsai dapat berkembang pesat ,” kata Ridwan seorang penggemar bonsai, Jum’at (2/12) di Takengon.

Menurutnya, bertanam bonsai selain sebagai hobi, juga dapat mendatangkan sumber penghasilan ekonomi bagi masyarakat. Tanaman “bogel” tersebut memiliki nilai harga jual di masa mendatang.

“Sebagaimana diketahui, kopi komuditi utama sumber ekonomi masyarakat di Gayo. Namun, tidak ada salahnya, kita sebagai pencinta bonsai mengembangkan prospek baru ini untuk dikenal masyarakat luas. Apalagi daerah kita ini merupakan salah satu tujuan utama wisata di Aceh,” sebutnya.

Sementara, Ketua PPBI Aceh Tengah, Sulaiman, didampingi Sekretarisnya, Rizkana mengatakan, di sana saat ini, ada fenomena menarik yang terjadi, dimana para penggemar bonsai mulai tumbuh subur dari tahun sebelumnya.

“Pecinta bonsai mulai ramai saat ini. Ada sebagian yang bergabung dengan PPBI. Namun ada juga yang mengembangkan hobinya secara perseorangan. Tentu, dengan semakin banyak peminat, maka peluang ekonomi dan budidayanya semakin menjanjikan di masa mendatang di daerah ini,” sebut Rizkana. (Irwandi MN)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here