Beranda ACEH TENGAH

Jamaah Diimbau Ikuti Protokoler Kesehatan Dalam Shalat Idul Adha

BERBAGI

Takengen (LeuserAntara): Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Aceh Tengah mengimbau masyarakat untuk mengikuti protokoler kesehatan dalam pelaksanaan shalat Idul Adha1441 H/2020.

Menurut Amrun Saleh dalam konfrensi Pers, kemarin di Takengen, jelang sholat Idul Adha nanti, pihaknya tim gugus telah melakukan koordinasi dengan seluruh camat  terkait penerapan protokol kesehatan.

“Kami akan mengirimkan selembaran, atau berkoordinasi langsung ke semua camat terkait protokol kesehatan saat melaksanakan kegiatan ibadah sholat Id,” katanya.

Pihaknya berharap semua desa yang menyediakan lapangan, sarana ibadah atau tempat pelaksanaan sholat, terlebih dahulu melakukan pembersihan. Hal itu guna memastikan keamanan jamaah sesuai arahan protokoler kesehatan yang diterapkan.

“Nanti tempat pelaksanaan sholat itu harus terlebih dahulu dilakukan penyemprotan disinfektan, kemudian disana jika harus tersedia fasilitas tempat cuci tangan dan melakukan cek suhu tubuh di gerbang pintu masuk,” jelasnya.

Selain fasilitas tersebut pihaknya juga menyarankan menerapkan batas jarak antara jemaah dan mempersingkat bacaan ayat dengan tidak mengurangi rukun. Sementara itu untuk tabungan amal jangan ada lagi dari tangan ke tangan dan harus meletakkannya di gerbang masuk para jemaah.

“Dimassa pandemi ini kita harus melakukan dan menerapkan protokol kesehatan saat melakukan aktifitas, dimana nanti saat melaksanakan sholat idul adha Imam shalat bisa mempersingkat ayat dalam artian tidak mengurangi rukun sholat, selain itu untuk kotak amal di sarankan berada di gerbang masuk para jemaah,” tukas Amrun.[] (El-Gayo/foto: Ilustrasi/net)

Komentar Via Facebook