Beranda BERITA

Ditengah Corona, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Capai -0,74 %

BERBAGI

Jakarta (LeuserAntara): Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2021 mulai menuju positif di angka -0,74%, dari -2,19% di kuartal IV 2020. Pada kuartal II 2021, Presiden berharap pertumbuhan ekonomi bisa mencapai angka lebih dari 7 persen.

Pemerintah daerah juga didorong agar membantu pemerintah pusat menargetkan pertumbuhan ekonomi menuju positif .

Untuk itu, APBN dan APBD selaku instrumen belanja pemerintah perlu didorong agar realisasinya lebih cepat dan dirasakan langsung oleh masyarakat.

Menurut Dr. Moch. Adrian, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemeterian Dalam Negeri, APBD mencapai Rp1.199,36 triliun. Hingga saat ini, realisasinya baru mencapai 21,98%.

“Kami sangat berharap pemerintah daerah bisa segera mengakselerasi penyerapan APBD hingga berkontribusi ke angka pertumbuhan ekonomi nasional yang kita targetkan 7% pada kuartal II tahun ini,” terangnya dalam Dialog Produktif Akselerasi PEN Dorong Pembangunan diselenggarakan KPCPEN, Rabu (2/6) di Jakarta.

Dikatakan, pemerintah daerah didorong agar fokus membelanjakan APBD kepada hal-hal yang bersifat produktif. “Belanja-belanja yang bersifat program padat karya sehingga berdampak pada penurunan pengangguran akibat Covid-19.”

“Kemendagri telah memberikan rambu-rambu dalam bentuk 12 kebijakan yang prinsipnya memberikan arahan pada Pemda dalam mendorong akselerasi PEN yang bersumber dari APBD,” sebutnya.

Kementerian PUPR yang juga salah satu ujung tombak dalam proses pemulihan ekonomi nasional melalui pembangunan infrastuktur, juga terus melaksanakan pembangunan di masa pandemi.

“Karena dengan pembangunan infrastruktur akan menciptakan lapangan kerja dan industri di sekitarnya juga turut tumbuh selama proses pembangunan berlangsung,” jelas Endra S. Atmawidjaja, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi Industri dan Lingkungan.(Ir/rel/foto ilustrasi; money.compas.com)

 

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here