Zam-Zam: Benda Pusaka Reje Linge Agar Segera Dikembalikan ke Museum

TAKENGEN (LeuserAntara): Zam-Zam Mubarak, Ketua Linge Antara Institut, meminta kepada siapapun yang mengoleksi dan menyimpan benda-benda bersejarah milik Kerajaan Linge, agar segera dikembalikan dan masukan dalam Museum Negeri Antara.

Demikian sebut Zam-Zam dalam rilis yang dikirimkannya kepad LeuserAntara, Kamis (16/11/2017).

“Demi marwah dan identitas Gayo, benda-benda pusaka Reje Linge, yang tersebar dan dimiliki perorangan, agar diserahkan ke museum Gayo Negeri Antara,” pinta Zam-Zam tanpa menyebutkan, siap yang memiliki benda-benda peninggalan Reje Linge itu.

Dilanjutkannya, pembangunan museum tersebut bentuk dukungan pemerintah pusat kepada Gayo terhadap benda benda sejarah dan purbakala yang kita miliki.

Bahkan sebutnya, pemerintah daerah agar memfasilitasi pengumpulan benda benda tersebut, dengan mengacu kepada undang-undang cagar budaya.

Dia juga mengatakan, dengan adanya pengakuan keturunan kerajaan Aceh, Sultanah Putroe atau akrab disapa “Bunda Putroe,” adalah ahli waris dari Laksamana Keumalahayati sekaligus sebagai pewaris utama Kesultanan Aceh.

“Bahwa, Linge sebagai pendiri kerajaan Aceh ini fakta yang mempertegas identitas Gayo, sekaligus momentum untuk meninjau kembali tentang Lembaga Wali Nanggroe yang tidak lagi relevan dengan sejarah,” pungkasnya.(KR)

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*