Tuan Rumah Juara Umum Pacu Kuda 2018

Takengen (LeuserAntara) : Aceh Tengah selaku tuan rumah penyelenggara ajang pacuan kuda tradisionil HUT Ke 441 Kute Takengen 2018 sukses meraih juara umum.

Hal itu diutarakan, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Aceh Tengah, Abadi, Senin (12/3) setelah usainya perlombaan final kemarin. Menurutnya, tuan rumah berhasil meloloskan 26 ekor kuda di final, sisanya, Bener meriah 15 kuda, Gayo Lues 10 dan terakhir Aceh Besar 1 ekor.

Sementara dari data diperoleh, event kali ini diikuti 371 ekor kuda. Rinciannya, Aceh Tengah 191, Gayo Lues 67 ekor, Bener Meriah 111 ekor dan Aceh Besar sebanyak 2 ekor.”Tidak ada kendala yang berarti selama pelaksanaan pacuan kuda, namun untuk meningkatkan kualitas kedepan akan terus dilakukan evaluasi,” kata Abadi.

Sebelumnya di acara penutupan event itu Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar menegaskan, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kualitas penyelenggaraan pacuan kuda.”Arena pacuan, Haji Muhammad Hasan Gayo (Blang Bebangka – red) akan terus dibenahi, apalagi ini direncanakan jadi satu lokasi penyelenggaraan PON ke 21 di 2024 mendatang,” katanya.

Tidak hanya itu, mulai tahun ini ajang tersebut sudah diikuti oleh Aceh Besar, menurut Shabela pada penyelenggaraan kedepan diharapkan lebih banyak lagi yang bisa turut serta, diantaranya seperti Aceh Tenggara yang memiliki banyak kuda. [] (Lap. Irwandi MN)

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*