Beranda BENER MERIAH TNI dan Pok Tani Tansaran Bale Panen Kentang

TNI dan Pok Tani Tansaran Bale Panen Kentang

BERBAGI

Redelong (LeuserAntara): Dataran Tinggi Gayo mempunyai ketinggian 1.200 M (3,900 ft) di atas permukaan air laut, kelembaban udaranya tinggi, curah hujan cukup baik, sehingga cocok untuk budidaya tanaman muda, seperti salah satunya kentang karena memiliki tingkat permintaan yang banyak serta prospeknya bagus, guna menambah kesejahteraan masyarakat khususnya Petani.

Saat ini, untuk para Petani di wilayah Kabupaten Bener Meriah yang menanam kentang sudah mulai masuk tahap panen, contohnya di lahan perkebunan Ds. Bale Redelung Kec Bukit, seperti terlihat di foto nampak aparat TNI dari Babinsa Pos Ramil Bukit Koramil 11/Wih Pesam Serda Mohyar dan Serda Luber membantu Pok Tani Tansaran Bale mengambil buah kentang jenis Granola untuk dimasukkan dalam karung, Kamis (13/9/18).

Di sela waktunya Babinsa mengatakan, kentang jenis Granola ini kandungan patinya rendah berkisar 16% – 18% dan air tinggi yaitu lebih dari 80%, buah ini lebih cocok diolah menjadi makanan rebus karena pori-porinya sulit mengeluarkan air pada saat pemasakan.

Lanjut Babinsa, Tanaman ini memerlukan sinar matahari yang cukup sepanjang hari, untuk jenis tanah vulkanis yang memiliki sedikit kandungan pasir, tekstur gembur, kaya akan unsure hara, kandungan air cukup dan memiliki system drainase yang baik, PH tanah netral berkisar antara 5 hingga 6,5, suhu 15 hingga 20 derajat celcius.

Di akhir waktunya Babinsa menjelaskan bahwa kegiatan dalam bidang pertanian ini, merupakan suatu bentuk kepedulian TNI-AD khususnya Kodim 0106/Ateng dalam hal ini Koramil Se-Jajaran, untuk membantu meningkatkan swasembada pangan, selain Padi Jagung dan Kedelai ( Pajale ).(Arif)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here