Beranda ACEH TENGAH

TK Kartika Jaya Terima Visitasi Akreditasi

BERBAGI

Takengon (LeuserAntara): Ketua Yayasan TK-Paud Kartika Jaya XIV Ny. Bima Jati Hendry Widodo didampingi Kepala Sekolah zuhra S.Pd, pengurus serta Guru menerima kunjungan kerja tim akreditasi Ban Paud dan PNF, yang bertempat di komplek asrama Makodim 0106 Jln. Lut Tawar Ds. Bale Atu Kec. Lut Tawar Kab. Aceh Tengah, Sabtu (1/9/2018).

Dalam kegiatan ini tim asesor Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal ada Dua yaitu A. Dhulhadi jamal, S.Ag dan B. Agus Salim, S.Pd, sebelum dimulai kegiatan penilaian dan pendataan tentang kelengkapan administrasi sekolah, tim tersebut menerima pengalungan Sal kerawang gayo dari murid TK Kartika Jaya dilanjutkan wawancara kepada semua guru.

Dalam kesempatan ini ketua yayasan mengatakan, visitasi akredatasi, ada delapan standar penilaian yang harus dipenuhi antara lain kompetensi lulusan atau tahapan tingkat perkembangan anak, isi, proses, pendidik maupun tenaga kependidikan, sarana prasarana, pengelolaan, pembiayaan serta penilaian.

Tingkat belajar yang dimulai dari pendidikan anak usia dini, dasar dan menegah, hingga perguruan tinggi, semakin menyadari tentang pentingnya akreditasi.

Oleh sebab itu, pendidikan nonformal dalam berbagai bentuknya, seperti Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), dan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), juga menjadikan akreditasi sebagai mekanisme penjaminan mutu, Lanjut Ketua Yayasan.

“Pendidikan PAUD dan PNF sejatinya memiliki peran penting dalam mewujudkan generasi emas bangsa, karena pelayanan belajar yang bermutu saat anak berusia emas (golden age) penting menjadi perhatian semua pihak, apalagi pemerintah sedang merancang dalam  pembangun generasi emas pada tahun mendatang,” Jelasnya.

Tambah Ketua Yayasan, jika penjaminan mutu pendidikan PAUD dan PNF dilakukan secara berkelanjutan, maka pasti akan memberi konstribusi bagi pencapaian generasi emas saat memasuki Tahun selanjutnya, dimana semakin bertambah Tahun demi Tahun untuk generasi penerus bangsa harus memiliki empat kompetensi (4C), yakni; berpikir kritis (critical thinking), komunikatif (communicative), kreatif (creative), dan kolaboratif (collaborative).(Arif)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here