Ilustrasi

Terkait KIP: DPRK Aceh Tengah Kangkangi Qanun No 7 Tahun 2007

Ilustrasi

Ilustrasi

TAKENGEN |LeuserAntara| Ketua Lembaga Pemerhati Pembangunan dan Kebijakan Publik (LP3K) Aceh Tengah Ilham menilai, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Tengah, khususnya komisi A tidak menguasi tatib yang mereka buat.

Dalam pasal 1 poin ke 29 peraturan DPRK Aceh Tengah No 4 tahun 2010, tentang tatib DPRK Aceh Tengah, dinyatakan bahwa: keputusan DPRK adalah produk hukum DPRK, yang bersifat penetapanyang disepakati dan ditetapkan dalam rapat paripurna.

Jika dikorelasikan dengan persoalan KIP Aceh Tengah, pada pasal 16 Qanun Aceh No 7 tahun 2007, yang mengatur tentang penyelenggara pemilihan umum di Aceh, yang bersifat khusus dan diberi kewenangan untuk mengatur dan mengurus tentang penyelenggaraan pemilu di bumi Serambi Mekah.

“ Apabila DPRK Aceh Tengah menetapkan 5 (lima) nama Untuk KIP dengan keputusan DPRK, maka hal ini sah apabila DPRK/Fraksi, meminta sidang paripurna. Hal ini sesuai dengan tatib DPRK Aceh Tengah dan Qanun Aceh yang merupakan dasar seleksi KIP ,” kata Ilham.

Dosen Universitas Gajah Putih ini juga menambahkan, tatib yang serta merta dibuat oleh DPRK, seharusnya tatib tersebut sebagai rujukan dan panduan dewan Untuk melaksanakan putusan serta menyelesaikan permasalahan.

Dalam hal ini Ilham juga menilai Sekertaris Dewan (Sekwan) juga tidak faham dan serta merta mengambil kebijakan.“ Nah bodohkah semua anggota Dewan Aceh Tengah?” Jika mereka menjalankan kebijakan dan peraturan, sesuai dengan tatib yang ada.

“ Berarti mereka yang duduk di dewan, benar-benar tidak mampu dan memahami produk hukum yang mereka buat sendiri, atau mereka telah kalah malu karena sudah diketahui publik ,” ujarnya.

Ilham juga menuding DPRK Aceh Tengah tidak menjalankan Qanun No 7 thn 2007. Qanun yang dibuat DPR Aceh dan telah dikebiri dan dikangkangi oleh DPRK Aceh Tengah.

Sementara itu, ditempat terpisah Ketua DPRK Zulkarnain menyatakan tidak berfihak kemanapun mengenai 5 anggota KIP yang telah terpilih ,” saya sebagai ketua harus mengayomi semua, kita ikuti saja peraturannya ,” ketua DPRK.(BsG)

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*