Beranda ACEH TENGAH

Temuan Arkeologi di Gayo Dikomikan

BERBAGI

Takengen (LeuserAntara):Temuan arkeologi kerangka manusia berikutĀ  peradaban dari zaman prasejarah berusia ribuan tahun di Goa (loyang) Mendale Kebayakan, Aceh Tengah mulai dibukukan dalam bentuk komik.

Cerita bergambar kehidupan manusia berusia ribuan tahun lalu di Gayo ini dibuat guna mempermudah para anak usia dini untuk lebih mengenal budaya leluhurnya.

Hal tersebut di utarakan Ketua Balai Arkeologi (Balar) Medan, Ketut Wiranyana yang sekaligus pecipta buku komik berjudul “Orang Gayo Di Massa Lalu” ini.

“Komik ini merupakan salah satu inovasi yang kami ciptakan untuk mempermudah mengenal pengembangan ilmu arkeologi, khususnya bagi anak-anak,” kata Ketut, Selasa (28/5) di Takengen.

Menurut dia, keberadaan temuan kerangka manusia dalam ekskavasi arkeologi yang dipridiksi berusia 4.500 tahun lalu berikut tembikar, gerabah, sisa makanan, alat berburu dan lainnya dari zaman 8.400 tahun lalu juga tercantum dalam bentuk gambar bercerita dalam komik tersebut.

“Tujuan kami ke sini kali ini untuk menemui bupati Aceh Tengah dan Bener Meriah. Selain menunjukan buku ini, kami meminta pimpinan daerah untuk kiranya bisa memperbanyak komik arkeologi dan selanjutnya dapat diberikan secara cuma-cuma nantinya,” ringkas Ketut Wiradnyana. [](Ir)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here