Tak Kunjung Rampung Rumah Sakit Regional di Gayo Butuh Rp120 M

Takengen (LeuserAntara) : Sejak mulai dibangun 8 tahun lalu (2010) Rumah Sakit Regional di wilayah tengah Aceh yakni di Kec. Pegasing, KotaTakengen, Aceh Tengah, hingga kini kondisinya belum juga kunjung rampung.

Menyikapi hal itu, anggota Komisi D DPRK Aceh Tengah bidang kesehatan, Edi Kurniawan, kepada wartawan, Sabtu (23/3) mengatakan, mengingat urgennya persoalan kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, pihaknya berharap pembangunan rumah sakit tersebut bisa segera diselesaikan oleh pihak terkait.

“Saat ini di sini cuma ada Rumah Sakit Datu Beru. Namun, kondisinya selalu padat. Dampaknya, pasien kerap tak kebagian ruangan. Belum lagi, rumah sakit ini juga menampung pasien rujukan dari Bener Meriah,” ungkapnya.

Menurutnya, menanggapi persoalan itu, hendaknya Pemerintah Aceh di 2018 dapat kembali mengucurkan dana pembangunan untuk segera merampungkan rumah sakit regional dimaksud. Sementara, pembangunan kebutuhan publik ini ditaksir mencapai 40 persen. Sehingga diperlukan keseriusan pihak terkait guna mempercepat laju pembangunannya.

“Tentunya masyarakat berharap di 2020 rumah sakit regional ini sudah selesai. Itupun jika di tahun ini Pemerintah Aceh kembali mengucurkan dana setidaknya Rp 120 milyar dan target itu baru bisa dikejar,” ungkapnya seraya memperkirakan, pembangunan rumah sakit regional di Gayo Lut ini akan menghabiskan dana sekira Rp 200 M.

Dia melanjutkan, rumah sakit tersebut menerima kucuran dana pembangunan secara bertahap bersumber dari APBA dan Otsus Aceh. “Sepengetahuan kami, dana yang sudah dikucurkan sekitar Rp 80 milyar. Artinya, masih dibutuhkan Rp 120 milyar lagi untuk bisa mempercepat pembangunannya.” [] (Laporan: Irwandi MN)

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*