Beranda ACEH TENGAH

Sukseskan Pemilu 2019 KIP Aceh Tengah Lantik 55 Relawan

BERBAGI

Takengen (LeuserAntara): Relawan Demokrasi yang sebelumnya mengikuti proses perekrutan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tengah mulai bertugas secara resmi menyukseskan Pileg 2019 setelah hari ini Senin (28/1), dilantik di Kantor KIP setempat.

Dikesempatan itu, ada 55 relawan yang merupakan hasil seleksi KIP Aceh Tengah. Nantinya para relawan ini akan ditempatkan di 11 basis pemilih di daerah kopi itu, termasuk untuk penyandang disabilitas atau pemilih berkebutuhan khusus.

“Tugas mereka nantinya akan memberikan pemahaman seputar bagaimana proses pemilihan terhadap lima surat suara yang harus dicoblos oleh pemilih,” kata Marwansyah Ketua KIP Aceh Tengah didampingi Sekretarisnya, M Sofyan.

Menurut Marwan, para relawan ini juga turut bertugas sebagai fasilitator yang fungsinya mensosialisasikan pentingnya Pemilu bagi masyarakat untuk memberikan hak pilih mereka.

“Relawan Demokrasi ini akan bekerja bagaimana menekan angka golput dan juga sebagai fasilitator di basis-basis pemilih,” lanjutnya seraya menyebutkan, masa tugas relawan tersebut akan berakhir 17 April 2019 mendatang.

Ditambahkan M Sofyan,  pihaknya berharap Relawan Demokrasi yang dikukuhkan untuk mampu bekerja sebaik-baiknya demi suksesnya pelaksanaan Pemilu 2019.

“Tentunya sebagai relawan, mereka tidak boleh ikut kampanye. Hal ini lantaran mereka juga sudah menjadi bagian dari penyelenggara. Lain itu relawan juga harus melepas semua atribut dan tidak berpihak ke Parpol atau Caleg manapun,” ungkapnya.

Sementara itu, para relawan yang dilantik ini  juga dikesempatan yang sama langsung mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) selama sehari. Mereka dibekali berbagai teknik dan strategis sosialisasi agar pesan untuk mengajak masyarakat sadar Pemilu serta bersedia memberikan hak pilih suara dengan mendatangi  TPS di hari pencoblosan.[] (Ir)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here