Beranda ACEH TENGAH Situs Mendale di Gayo Mulai Diperhatikan

Situs Mendale di Gayo Mulai Diperhatikan

BERBAGI

Takengen (LeuserAntara): Setus pra sejarah temuan arkeologi berupa kerangka manusia berusia ribuan tahun lalu  di Loyang Mendale, Kec. Kebayakan, Aceh Tengah mulai akan dipugar sebagai bukti sejarah dan tingginya peradaban di Gayo.

Untuk itu baru-baru ini Wakil Bupati di daerah kopi itu, Firdaus melakukan kunjungan ke sana guna meninjau sekaligus menegaskan perlunya pembenahan situs sejarah tersebut. “Loyang Mendale akan dibenahi, begitu juga lokasi sejarah yang lain akan kita jaga dan rawat dengan baik,”sebutnya.

Sebagai bukti sejarah masa lalu, situs ini mengandung nilai edukasi bagi generasi mendatang agar mengtahui asal usul kondisi budaya maupun peradaban yang berkembang saat ini. Dari itu, khusus Loyang Mendale menurut Firdaus, akan diberi pagar mengelilingi lokasi supaya situs tetap terjaga.

“Situs bersejarah ceruk Mendale akan diberi pagar keliling, supaya bisa terjaga dengan baik. Lain itu, diharap dapat mencegah kerangka maupun benda arkeologis hilang dari tempat ini,” ringkasnya.[] (Lap. Irwandi MN/Foto-Ist)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here