Beranda Uncategorized Seminar Ketahanan Keluarga, Disambut Positif Oleh Pemda Bener Meriah

Seminar Ketahanan Keluarga, Disambut Positif Oleh Pemda Bener Meriah

BERBAGI

REDELONG (LeuserAntara):  Plt Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi yang diwakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembanguan Sekretariat Daerah Kabupaten Bener Meriah Abd. Muis, SE.MT membuka kegiatan seminar ketahanan keluarga, Kamis (25/10-/2018) di Aula Setdakab setempat.

Abd. Muis, SE.MT dalam sambutannya menyampaikan, Pemkab Bener Meriah sangat menyambut positif seminar ketahanan keluarga yang diprakarsai oleh PKK Kabupaten Bener Meriah, semoga melalui acara ini diharapkan mampu memberi sumbangsih pemikiran tentang konsep ketahanan keluarga di terdebut.

“Seperti kita ketahui, keluarga adalah unit terkecil suatu Negara. Jika ingin membangun Negara, maka, kita harus membangun keluarga terlebih dahulu, melalui seminar ini kita dapat mengetahui bagaimana caranya kita membangun ketahanan keluarga agar tetap harmonis dan penuh berkah sehingga kita dapat mewujudkan generasi yang tangguh dan berkualitas,” kata Asisten II dalam amanat Plt Bupati Bener Meriah.

Dia menambhakan, kita tahu, bahwa anak-anak kita dapat tumbuh dan berkembang menjadi lebih berkualitas jika di didik didalam keluarga yang harmonis. Bagaimana kita selaku orangtua mewujudkan sakinah mawaddah dan warrahmah yang sebenarnya dalam keluarga agar anak-anak kita tetap berkembang secara positif dalam lingkungannnya.

Angka perceraian yang tinggi di tanoh gayo ini harus kita antisipasi dengan menerapkan konsep sakinah mawaddah dan warrahmah ini. bukan sekedar konsep, namun harus dibuktikan dengan konkret. “Komunikasi merupakan kunci utama dialam membina keluarga, diperlukan komitmen yang kuat diantara suami dan istri untuk mewujudkan keluarga yang bahagia, semoga melalui seminar ini para peserta dapat memahami pentingnya ketahanan keluarga demi masa depan anak-anak kita nantinya,”demikian pidato Plt Bupati Bener Meriah yang dibacakan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Abd. Muis, SE.MT.

Sebelumnya Ketua TP-PKK Bener Meriah Ny. Nikmah Sarkawi dalam laporannya yang disampaikan Wakil Ketua 3 TP-PKK Bener Meriah Dra. Rusda mengatakan, seminar ketahanan keluarga tersebut di ikuti oleh anggota TP-PKK kabupaten dan kecamatan, serta ketua pondok pesantren dan KUA yang ada di Kabupaten Bener Meriah, “jumlah peserta semuannya sebanyak 65 orang,”terang Rusda.

Dia menambahkan, terwujudnya ketahanan keluarga menjadi sesuatu yang amat penting agar perjalanan keluarga bisa berlangsung sebagaimana yang diharapkan, baik harapan orang yang berusaha membangun kehidupan keluarga, keluarga besarnya maupun masyarakat sekitarnya. Adanya usaha untuk mewujudkan ketahanan keluarga sangat penting untuk mencegah perceraian.

“Seperti kita tahu kasus pengajuan perceraian di Aceh Tengah dan Bener Meriah cukup tinggi, ini merupakan hal yang sangat disayangkan, salah satu penyebabnya adalah lemahnya pengetahuan ilmu agama serta kurangnya komunikasi hingga terjadi perselisihan di rumah tangga dan berakhir perceraian di pengadilan agama,” katanya.

Katanya lagi, wajar bila didalam rumah tangga terdapat konflik yang terjadi, istilah dalam bahasa Gayo lagu senuk orom kuren, pasti ada perbedaan di antara pasangan. baik menyangkut pandangan, perilaku, sikap atau gaya hidup, bila semua permasalahan itu tidak dikomunikasikan dengan baik, atau tidak dikonsultasikan pada ahlinya, maka perbedaan itu semakin runcing dan kian rentan konflik, konflik-konflik inilah yang akan menyebabkan ketidakharmonisan dalam rumah tangga seperti KDRT, perselingkuhan, penelantaran ekonomi, hingga berujung perceraian.

“Kita tentu tidak menginginkan hal tersebut terjadi, karena itulah kita hadir dalam seminar ini untuk berbagi ilmu dan pengalaman agar kita bisa berusaha bersama-sama membangun ketahanan keluarga agar tetap harmonis dan berkah. Semoga kita bisa banyak-banyak menyerap ilmu melalui seminar ini sehingga kita bisa membentuk rumah tangga yang tangguh dan berkualitas sehingga dapat terwujud kehidupan rumah tangga yang serasi selaras seimbang baik kehidupan duniawi maupun ukhrowi.

Diahir sambutannya Dra. Rusda menambahkan, adapun narasumber kegiatan seminar ketahanan keluarga Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh TP-PKK Bener Meriah itu Ibu Dokter Salami dari Universitas Ar-Raniry Banda Aceh, dan Ibu Wahyuni seorang Psikolog dari Rumah Sakit Umum Daerah Datu Beru Aceh Tengah.(LA)

 

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here