Beranda ACEH TENGAH

Selain Aktifis Satu Polisi Alami Luka Demo

BERBAGI

Takengen (LeuserAntara): Bentrok antar pendemo yang menolak hadirnya tambang emas di Gayo, dengan aparat keamanan tidak hanya menyebabkan aktifis dirawat medis, tapi seorang petugas Polres Aceh Tengah, mengalami luka terkena lemparan batu.

Adapun petugas yang terluka tersebut Bripda, Ropi Katul. Ia juga dilarikan ke Dokes Polres, setelah bentrokan reda.

Atas insiden itu, Kapolres Aceh Tengah AKBP Hairajadi, ketika diminta keteranganya membenarkan ada anggotanya yang mengalami luka.

”Kami harap agar penyaluran asfirasi yang disampaikan para pendemo, untuk saling menjaga, agar suasana damai dapat tercipta,” sebut Kapolres.

Sementara itu, Mulyadi, ketua GMNI Aceh Tengah menyebutkan, anggotanya saat dibawa ke RSU,  kondisinya tidak sadarkan diri.

“Kami mengecam keras atas tindakan aparat petugas pengaman yang melakukan pemukulan terhadap kader GMNI yang melakukan demo penolakan tambang emas. Kami akan laporkan kasus ini ke atasan mereka,” sebut Mulyadi.

“Saya menyesalkan kejadian ini. seharusnya oknum polisi dan Satpol PP mengayomi dan memfasilitasi demo ini, bukan menyerang para pendemo,” katanya.

“Kami mengutuk keras atas tindakan tersebut dan akan menyurati Kapolri, Kapolda Aceh, serta kepala Dinas Satpol PP- WH, agar menindak tegas pelaku pemukulan terhadap kader GMNI,” papar Mulyadi.

Hingga berita ini diturunkan, belum diperoleh  kesimpulan sehubungan dengan tuntutan pendemo untuk menghentikan ekploitasi tambang emas di Linge Aceh Tengah.

Pendemo juga dalam aksinya, meminta agar gubernur Aceh melanjutkan moratorium, pertambangan dan menolak kehadiran  PT Linge Mineral Resource yang akan mengeklpoitasi pengolahan biji emas di desa Owaq, Lumut, Linge dan Penarun, Kecamatan Linge.

Massa juga mendesak Pemerintah Aceh dan Kementerian ESDM untuk mencabut izin penambangan dan pengolahan biji emas oleh PT Linge Mineral Resources. Amanat meminta Bupati dan DPRK Aceh Tengah dengan tegas menolak kehadiran tambang emas di Gayo Lut ini. [] (Tim)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here