Beranda ACEH TENGAH Santri di Gayo Ikuti MQK

Santri di Gayo Ikuti MQK

BERBAGI

TAKENGEN|LeuserAntara|Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK) Kitab Kuning yang digelar 22 hingga 24 November 2016 di Aceh Tengah diikuti sejumlah santriwan dan santriwati dayah dari beberapa kecamatan.

Kegiatan Musabaqah Qiraatul Kutub ini berlangsung di Gedung Bale Pendari Takengen itu digagas oleh Kantor Pembinaan dan Pendidikan Dayah kabupaten setempat dan dibuka Sekda, Karimansyah mewakili PLT bupati Aceh Tengah.

“Kegiatan ini adalah langkah baik untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang kitab kuning bagi para santri,” kata Karimansyah.

Menurutnya Musabaqah Qiraatul Kutub tidak kalah pentingnya dengan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) karena penggalian pemahaman isi kandungan Alquran sangat luas dan komprehensif.

Kepala Kantor Pembinaan dan Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Tengah,  M Aris menyebutkan, jumlah dayah di daerah kopi ini mencapai 32 darah. Namun yang ikut MQK hanya 9 dayah dari beberapa kecamatan.

Dijelaskannya, MQK Kitab Kuning kali ini hanya ada dua tingkat yang dimusabaqahkan, masing-masing tingkat yaitu Kitab Matan Taqrib dengan materi bab thahara, shalat dan bab shiam.

Selanjutnya tingkat Usta/Aliyah yaitu Kitab Baijari dengan materi bab thahara dan shalat. “Kegiatan ini untuk mengetahui pemahaman santri tentang Qiraatul Kutub Kitab Kuning,” tambahnya. (Mika)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here