Saman Gayo “Hipnotis” Lautan Penonton

Blangkejeren (LeuserAntara) : Penampilan tari saman massal 10001 peserta di Gayo Lues “hipnotis”  ribuan penonton yang hadir bukan saja  dari Aceh, namun dari sejumlah kabupaten/kota di nusantara.

Selain lautan penonton seni spektakuler asal Gayo ini juga dihadiri Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf dan Wakilnya Nova Iriansyah serta Muspida plus kabupaten setempat, Minggu (13/8/17).

Kepala Bagian Humas Wahidin Porang mengatakan, tampilan tarian etnik ini saman 10.001 ini juga dihadiri oleh Pamuji Lestari, Asisten Deputi Urusan Warisan Budaya, Kementerian Koordinator PMK RI, Wijanarko Setyawan, Asisten Deputi Urusan Pemberdayaan Kawasan Strategis Dan Khusus.

Selanjutnya, Kemenko PMK RI, Haris Djayati, Kepala Bidang Cagar Budaya dan Permuseuman, Kemenko PMK RI, Gauran Mancacarita Dipura, Staf Analisis dan Substansi Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK/Perwakilan Penilai Dari Unesco,  Moon Cahyadi, Kepala Bidang Pengembangan Kawasan Khusus Kemenko PMK RI, Panca Dewi Setyarini.

Kemudian, Kasubid Pemukiman dan Transmigrasi Kemenko PMK RI, Teuku Rifqi Harsya, Ketua Komisi X DPR RI, Muslim Ayub anggota Komisi X DPR RI, Deputi Kelembagaan Kementerian Pariwisata RI dan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh.

Sementara, Bupati Gayo Lues, Ibnu Hasim menguraikan, tarian saman merupakan curahan isi hati mendalam masyarakat Gayo Lues.  Tarian tersebut melekat ditubuh warga Gayo dan perpecahan tidak akan pernah terjadi kerena seni saman adalah wahana mempersatu diantara masyarakat.

Tarian saman telah berhasil menjadi penari terbanyak, memecahkan rekor MURI di tingkat dunia, begitu juga untuk pagelaran hari ini melebihi target 10. 001 menjadi 12.262 orang,” ungkap Ibnu.

Dikesempatan itu, ia berharap ke gubernur Aceh untuk dapat menggelar acara tari saman Gayo di Banda Aceh, dengan jumlah peserta lebih banyak lagi dari yang dipentaskan saat ini di Gayo Lues. [] (TR)

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*