Beranda ACEH TENGAH Poltek Lhokseumawe Latih Cara Membuat Pakan Ternak Dari Limbah Kopi

Poltek Lhokseumawe Latih Cara Membuat Pakan Ternak Dari Limbah Kopi

BERBAGI

Takengon (LeuserAntara): Sejumlah dosen dan mahasiswa Poltek Lhokseumawe membuat wafer pakan ternak dari limbah kopi.

Dengan nama kegiatan PKM pelatihan pembuatan wafer pakan ternak dari limbah kopi, kegiatan ini diketua i oleh Milawarni,Ssi. MSi, Ir. Mohammad Ar.M.Si dan Elfiana, S.T.,M.T

Disebutkan Milawarni, Rabu (24/10/2018) pelaksanaan dilakukan di Desa Tebes Lues kec. Bies dan Desa Lot Kala Kec. Kebayakan.

Dijelaskannya, Desa Tebes Lues adalah salah satu desa penghasil kopi terbesar di Aceh Tengah, sehingga menghasilkan banyak limbah kopi.

”Sementara, Desa Tebes Lues selain penghasil kopi juga banyak ternak sapi dan kerbau, sehingga kedua desa ini dapat saling mengisi, yaitu penghasil limbah kopi dan pengguna limbahnya,” sebut Milawarni. 

Ditambahkannya, limbah kopi dibuat menjadi pakan olahan ternak, kemudian pakan ini dibuat berbentuk wafer sehingga dapat disimpan dan dikemas. 

Pembuatann wafer pakan ternak menggunakan mesin pencacah kulit kopi dan pencetak pakan. Mesin ini dibuat di laboratorium teknik mesin politeknik negri lhokseumawe. 

“Pelaksanaan, tanggal 15 September  2018, pelaksanaan ini mendapat apresiasi yg sangat baik dari masyarakat karena dapat memberi manfaat tang besar,” pungkasnya.(Ril)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here