Beranda SUMATRA Pemkot Medan Tidak Memiliki Konsep Atasi Sampah

Pemkot Medan Tidak Memiliki Konsep Atasi Sampah

BERBAGI

sampah medan

MEDAN – Pemerintah Kota Medan dinilai belum miliki konsep yang nyata dalam mengatasi masalah kebersihan di kota itu, terutama dalam penanganan masalah sampah yang masih kerap dikeluhkan masyarakat.

“Masih banyak keluhan masyarakat terkait sampah. Ini tentunya menjadi salah satu indikasi bahwa masalah kebersihan masih menjadi kendala,” kata Anggota DPRD Kota Medan Muslim Maksum di Medan, Sabtu.

Ia mengatakan konsep bank sampah yang pernah dimunculkan sampai saat ini tidak memberikan dampak positif atau manfaat bagi masyarakat, sehingga hanya terkesan sebagai pencitraan atau mengikuti trend semata.

Hal Ini karena tidak jelasnya kegiatan bank sampah tersebut, apa saja dilakukan, sejauh mana perkembangannya, apa manfaat didapatkan.

“Bank sampah itu hanya cakap-cakap saja. Tidak ada hasilnya. Awalnya saja dibesarkan. Sekarang ini hasilnya tidak terlihat. Sampah milik masyarakat tetap menumpuk dan berserakan.Lambat laun, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) tidak mampu menampung sampah milik masyarakat,” katanya.

Menurut dia konsep nyata yang diinginkan adalah, adanya pengelolaan sampah dilakukan agar menjadi sesuatu yang bermanfaat dan menjadi sumber energi atau menjadi sesuatu bisa digunakan.

Padahal kalau pengelolaan sampah menjadi produk yang bermanfaat itu dilakukan, maka TPA tidak akan penuh dengan tumpukan sampah.

“Sampah ini harus benar-benar diolah menjadi sesuatu yang berharga dan ini terus dilakukan secara signifikan. Bukan hanya sesaat,” katanya. (ASN/ANT/MHd/015)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here