Beranda ACEH TENGAH

Pemilih Pemula di Pemilu 2019

BERBAGI

Takengen (LeuserAntara): Menyukseskan penyelenggara Pemilu serentak pada 17 April 2019, KIP Aceh Tengah gelar dialog sosialisasi gerakan cerdas memilih, Kamis (14/3) di salah satu hotel di daerah dingin itu.

Dialog bertema “sosialiasi pendidikan pemilih pemula, perempuan dan disabilitas pada Pemilu 2019.” ini menghadirkan dua nara sumber; Marwansyah dan Ivan Astafan (eks komisioner KIP Aceh Tengah).

Dalam sambutannya, Sekretaris KIP Aceh Tengah, M Sofyan menyebutkan, kegiatan sosialisasi ini diharap dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk  bersedia memberikan hak pilihnya di saat Pemilu serentak berlangsung.

“Tujuan sosialisasi ini guna mengajak masyarakat untuk memahami pentingnya datang memilih ke TPS. Lain itu, mengupayakan memotifasi minat pemilih untuk bisa lebih meningkat dari penyelenggaraan sebelumnya,” kata Sofyan.

Sementara, Ivan Astafan selaku Narsum dalam dialog tersebut mengutarakan, saat ini untuk memaju minat masyarakat untuk memilih, diperlukan sosialisasi pengenalan sosok, misi visinya maupun program seorang calon yang bersedia menampung aspirasi rakyat.

Menyinggung pemilih, pemula perempuan serta disabilitas Marwansyah mengungkapkan, sesuai UU Caleg perempuan di Pemilu harus mencapai 30 persen keterwakilan dari partai.

“Persoalan saat ini apakah pemilih perempuan akan memilih Caleg perempuan? Ini pertanyaannya. Untuk itu, dibutuhkan prospek Caleg perempuan yang mempunyai keyakinan untuk menjadi keterwakilan di dewan,” katanya.

Untuk penyandang disabilitas ketika Pemilu berlangsung, menurut Marwan, seorang pemilih berkebutuhan khusus yang memiliki “keterbatas” saat memberikan hak suaranya di TPS bisa didampingi oleh pihak keluarga yang dipercaya.

Sedangkan mengenai sosialisasi pendidikan pemilih pemula, Ivan menambahkan, pentingnya Pemilu untuk memberikan hak pilih dengan syarat minimal berusia 17 tahun.

Pemilih pemula juga diperkenalkan untuk mengenal 5 surat suara untuk memilih pada 17 April mendatang yakni ; surat suara untuk memilih Caleg DPRK, DPRA, DPD, DPRRI serta presiden dan wakil presiden.[] (Ir)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here