Beranda ACEH TENGAH Pembangkit Listrik 7 MW di Kemerleng Linge

Pembangkit Listrik 7 MW di Kemerleng Linge

BERBAGI

Takengen (LeuserAntara): Pembangkit listrik mini hidro berdaya 7 MW akan dibangun oleh PT. Akuoenergi Indonesia di kawasan hutan produksi Kp. Kemerleng Sp. 3 Uning, Kec. Linge, Aceh Tengah.

Meski sejauh ini masih dalam tahapan penjajakan, namun survei awal pihak perusahaan yang didampingi  Pemda setempat dapat memastikan di kawasan tersebut dapat dibangun pembangkit listrik dengan memanfaatkan air sungai.

Hal itu disampaikan Zulpan Diara Gayo, pegawai Pemda Aceh Tengah yang berdisiplin ilmu di bidang Pertambangan dan Energi bersama Karya Jaya Ginting, Projeck Manager PT Akuoenergi Indonesia usai melakukan koordinasi dengan Bupati Shabella, Kamis (4/1) di Takengen.

Menurut Zulpan, selain sudah dilakukan survei awal, pihaknya perusahaan juga telah mengurus surat tata ruang yang dikeluarkan instansi terkait pada 30 September 2017 lalu. Kemudian telah dilakukan pengukuran ketinggian areal kawasan (kondisi alam) serta debit potensi air 6,5 kubik/detik.

Sementara, Jaya Ginting menjelaskan, guna membangun pembangkit listrik di Kemerleng, pihaknya juga saat ini sedang berupaya mengurus izin. Dimana proses untuk hal dimaksud membutuhkan waktu minimal 2 tahun.

“Untuk dibangun, kami terlebih dahulu harus mengurus izin prinsip hingga membuat perjanjian jual beli energi dengan pihak PT PLN Persero. Semuanya sedang dalam proses,” paparnya.

Apa keuntungan bagi daerah? Ia menjelaskan, selain keberadaan pembangkit  ini dapat menyumbang PAD melalui ritribusi tarif bayar listrik, juga ke depannya mampu menumbuhkan kembangkan ekonomi (industri) masyarakat.

“Kami juga akan menyerap tenaga kerja (warga setempat) untuk diberdayakan di sana. Kemudian dalam proses pembangunan nantinya, akan dimanfaatkan material dari areal setempat,” ungkap Jaya Ginting seraya menyampaikan, anggaran proyek Rp200 M ini bersumber dari investor PT Akuoenergi Perancis yang telah mengembangkan sayapnya di 14 negara di belahan dunia. [] (Laporan: Irwandi MN)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here