Jpeg

Pedagang Kaki Lima Centong dan Pasar Pagi Akan Direlokasi

Blangkejeren (LeuserAntara):  Pedagang kaki lima dari pasar pagi Kute Blang, Pasar Centong atas dan Centong Bawah, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues akan direlokasi ke Pasar terpadu Sentang pada 20 Januari 2018 mendatang.

Bupati Gayo Lues H. Muhamad Amru didampingi Wakil Bupati H. Said Sani Selasa (16/1/2018) mengatakan, relokasi pedagang kaki lima dari Centong atas, centong bawah dan pajak Pagi Kute Blang, ke Pasar Terpadu Sentang supaya lebih memudah masyrakat serta para pedagang karena lahannya tidak sempit.

Alasan untuk memindahkan mereka, karena tempat berjualan selama ini di centong dan pasar pagi Kute Blang tidak layak lagi, selain mereka berjualan dipinggir jalan juga lokasinya kumuh.

Pemerintah telah menyediakan tempat dipasar terpadu untuk para pedagang, tujuan kita pasar centong dan pasar pagi Kute Belang akan kita renovasi.

Ia berharap pada para pedagang, untuk menyikapi himbauan ini dengan lapang dada, karena Pemerintah  bukan mengusir mereka akan tetapi menyediakan tempat berjualan yang lebih baik, lapak jualan ikan serta daging terpisah dengan bahan jualan lainya.

Bagi mereka yang tidak mau pindah, tidak diberikan sangsi akan tetapi dengan kesadaran masing – masing supaya dengan mudah untuk menata pasar centong dan pasar pagi Kute Blang, selama ini daerah dua pajak itu semraut.

Dikatakan, selain pasar terpadu Sentang diaktifkan, pasar lainya juga akan difungsikan seperti pasar yang berada di Kecamatan Rikit Gaib, satu persatu kita aktifkan dengan cara bertahap.

Kepala Dinas Prindustrian, Koperasi dan UKM Juanda mengatakan, kendala yang dihadapi membuat jalan menuju tempat penjualan hewan agak sulit, harus dilakukan penimbunan menggunakan alat berat.

Daftar tunggu ruko untuk pedagang masih tersisa 100 unit, apabila pada tanggal 20 atau tanggal 25 mendatang tidak ditempati akan digantikan dengan pedagang lain, masalah sewa ruko untuk tahun 2018 digratiskan dengan syarat mereka mau memperbaiki gedung yang rusak.

Mereka pedagang kaki lima yang kita arahkan yang berjualan di areal pasar semuanya pindah ke pasar terpadu Sentang rencana akan dibukak selama 24 jam, sebutnya.

Sementara itu, salah seorang pedagang pasar pagi Kute Blang, Selimah, menolak dipindahkan ke pasar terpadu sentang, alasan mereka karena jauh dengan kota biaya angkutan barang dari tempatnya mahal,”‘sebutnya.(TR)

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*