Exif_JPEG_420

Panwas BM Galang Partisipasi Publik

REDELONG – LeuserAntara: Panwaslih Bener Meriah mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengawasan Pilkada 2017 mendatang.

Hal itu diutarakan, Ketua Panwaslih Bener Meriah, Khairul Akhyar saat berbuka puasa bersama sejumlah LSM, wartawan dan sejumlah tokoh masyarakat, Kamis (23/6) di Kantor Panwaslih.

Dijelaskannya, ada dua faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi publik dalam pengawasan Pilkada.

Pertama, kurangnya informasi tentang Pilkada dan pengawasan. Kedua, rendahnya kemampuan teknis masyarakat dalam melakukan pengawasan Pilkada.

Untuk mengatasi masalah itu,   Panwaslih Bener meriah dan jajarannya melakukan kegiatan sosialisasi pengawasan Pilkada.

Melibatkan berbagai kelompok masyarakat, Panwaslih mencoba memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya masyarakat untuk ikut serta dalam pengawasan Pilkada.

Sosialisasi ini, kata Khairul dimaksudkan agar masyarakat yang mempunyai hak pilih dapat mengenal, mengetahui, memahami, sadar, dan dapat berpartisipasi melaksanakan fungsi pengawasan secara mandiri. Masyarakat dapat memberikan informasi awal kepada Panwaslih dan jajarannya.

“Salah satu kegiatan yang dilaksanakan saat ini adalah sosialisasi tatap muka dengan elemen masyarakat sembari buka puasa bersama,” ungkapnya.

Selain itu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, dalam Pilkada perlu dipetakan simpul masyarakat yang bisa diajak bekerjasama. Berbagai kelompok masyarakat dapat dilibatkan sesuai dengan tahapan Pilkada.

“Terakhir, rakyat sebagai pemilik suara dalam Pilkada dan yang memiliki hak dalam memilih, juga memiliki hak untuk mengawasi sendiri suaranya yang telah diberikan melalui TPS.”

Pilkada ini sendiri, lanjut Khairul Akhyar diharap sebagai instrumen atau sarana untuk mewujudkan kedaulatan rakyat dan untuk menghasilkan pemerintahan yang demokratis. (R01).

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*