Beranda ACEH TENGAH Nasir Jamil “Antara” Sejarah Burni Bius Dan Temu Politik

Nasir Jamil “Antara” Sejarah Burni Bius Dan Temu Politik

BERBAGI

Takengen (LeuserAntara) : Anggota DPR RI Komisi III, Nasir Jamil hadir dalam pengibaran Bendera Merah Putih raksasa berukuran 8 x 12 meter dalam peringatan HUT Ke-73  RI di puncak Burni Bius, Kec. Silih Nara, Aceh Tengah, Jumat (17/8).

Burni Bius sendiri merupakan wilayah di dataran tinggi Gayo yang bernilai sejarah dalam mempertahankan kemerdekaan republik. Dimana, ketika Presiden Soekarno diasingkan ke Digol, tampuk kekuasaan dipegang oleh Syarifuddin Prawira Negara.

Sebagai presiden darurat RI, Syarifuddin pernah bersembunyi di pedalam Aceh, Burni Bius dalam upaya mempertahanan kedaulatan RI dari rongrongan Belanda yang melakukan agresi meliter di tanah air.

“Lokasi ini (Burni Bius-red) memiliki sejarah panjang dalam perjuangan NKRI. Keberadaannya memiliki peran penting sebagaimana Radio Rimba Raya yang menyuarakan perjuangan dan perlawanan rakyat saat itu ke seantero dunia,” kata Nasir Jamil usai acara puncak pengibaran Merah Putih di Burni Bius.

Berdasarkan nilai sejarah tersebut lanjut Jamil, dirinya bersama petugas TNI, PETA dan masyarakat sekitar berinisiatif memeriahkan peringatan HUT RI di salah satu kawasan penghasil kopi arabika di Gayo Lut ini.

“Saya berharap kegiatan ini mampu membangun semangat nasionalisme rakyat, khususnya para pemuda dalam mengisi kemerdekaan. Sekaligus sebagai kilas balik mengenang besarnya jasa para pahlawan dalam memperjuangkan kedaulatan bangsa ini,” ungkap politisi dari PKS itu.

*Temu Politik

Lain itu, disela kunjungannya, Nasir Jamil melakukan temu ramah dengan Nasaruddin, mantan bupati Aceh Tengah yang juga calon anggota DPR-RI dari partai Gerindra pada Pileg 2019 mendatang.

Dalam pertemuan singkat tersebut, anggota parlemen DPR RI dari fraksi PKS dan Nasaruddin (calon DPR RI  Partai Gerindra) selain berdialog membahas upaya memajukan infrastruktur di wilayah tengah Aceh juga sepakat “berkoalisi” mendukung pemenangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno sebagai Presiden dan Wapres RI di Pilpres 2019.

Catatan LeuserAntara. com, Nasir Jamil maupun Nasaruddin akan maju sebagai calon DPR RI  di Pileg 2019 dari Dapil II (dua) Aceh, meliputi; Langsa, Lhoksemawe, Biruen, Bener Meriah dan Aceh Tengah.

Sementara di Pileg sebelumnya, Nasir Jamil merupakan salah satu anggota legislatif ke Senayan dari daerah pemilihan I (satu) di Aceh yakni; Gayo Lues, Aceh Tenggara, Singkil, Banda Aceh dan kabupaten lainnya. [] (Laporan: Irwandi MN)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here