Beranda BENER MERIAH

Murid Diliburkan, Penanganan Gangguan Gajah di Pintu Rime Butuh Dana Besar

BERBAGI

REDELONG (LeuserAntara): Konflik manusia dengan hewan dilindungi, gajah belum berakhir di Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh. Teranyar hewan berbelalai ini mulai memasuki pekarangan sekolah SD Negeri Dirgantara di Kp. Negeri Antara, Pintu Rime Gayo, Kamis (16/1) pagi.

Masuknya gajah ke area sekolah telah menyebabkan sejumlah murid sekolah dasar tersebut terpaksa dijemput orang tuanya. Kepala kampung setempat, Rizkanadi kepada wartawan mengutarakan, aktivitas belajar mengajar di sekolah terpaksa dihentikan lantaran warga khawatir dapat terjadi hal-hal tak diinginkan.

Menyikapi soal konflik gajah dan manusia yang belum kunjung reda di daerah merapi ini, Ketua DPRK Bener Meriah M Saleh mengutarakan menangani dampak gangguan hewan tersebut saat ini sangat dibutuhkan anggaran yang cukup besar.

“Gangguan gajah sudah cukup serius di daerah ini. Banyak masyarakat yang menggeluh. Namun yang menjadi kendala sangat besar anggaran yang dibutuhkan untuk menanganinya,” kata M Saleh saat dimintai keterangannya di ruang kerjanya.

Menurut dia, untuk merealisasikan besarnya anggaran yang dibutuhkan, pihaknya membuka “kran” bagi pihak eksekutif untuk segera mengusulkan kebutuhan penanganan gangguan gajah ke legislatif.

“Berapa kebutuhan anggaran yang diusulkan (pihak eksekutif) untuk menuntaskan soal gangguan gajah, kami siap mengesahkan. Bahkan kalau perlu mendahului anggaran demi kenyamanan masyarakat,” sebutnya.

Lain itu, lanjutnya, soal konflik gajah-manusia yang telah menahun di Bener Meriah ini juga sudah dan segera dikoordinasikan dengan pihak anggota DPRA Hendra Budian serta Tgk Sarkawi selaku Bupati di daerah kopi itu.

“Informasi kami terima dari Hendra Budian (anggota DPRA wilayah tengah Aceh) bahwa dirinya sedang mengusulkan Rp30 M untuk menangani gangguan gajah di Bener Meriah. Namun ini masih kemungkinan. Kenapa demikian? Ini baru pasti, tentunya ketika anggaran sudah positif masuk ke daerah,” ungkap M Saleh.[] (Ir)

Komentar Via Facebook