Beranda ACEH TENGAH Miris Jalur Pertanian Di Tebuk Sulit Dilalui

Miris Jalur Pertanian Di Tebuk Sulit Dilalui

BERBAGI

Takengen (LeuserAntara) : Masyarakat yang beraktifitas di areal perkebunan Kp. Tebuk, Kec. Pegasing, Aceh Tengah mengeluhkan buruknya kondisi jalan sebagai sarana angkut tani di sana.

Selain belum dibangun secara permanen, badan jalur perkebunan ini kerap berlumpur dan berkubang di musim penghujan. Warga setempat mengeluh dan kesulitan membawa hasil pertanian.

“Ada sekitar 100 KK pemanfaat jalur pertanian ini. Kondisinya sangat memprihatin, kami kesulitan mengangkut hasil pertanian, terutama di saat tibanya musim penghujan,” kata Agusmar, pemilik kebun yang kerap melintas dijalur tersebut, Selasa (2/10).

Menurutnya,  jalur perkebunan (tanah merah) yang sulit dilalui terdapat di sepanjang 3 kilo meter dari arah jalur utama. Selain sulit mengangkut hasil bumi, petani juga kerap terancam kecelakaan lantaran badan jalan licin dan berlumpur.

“Kerusakan jalur ini bisa ditemui disepanjang jalan Janarata Bur Masjid Kp. Tebuk. Meski pernah dibenahi secara swadaya, namun kini keberadaannya sangat memprihatinkan,” ungkapnya.

Dari itu lanjut Agusmar, masyarakat yang menetap di salah satu pemukiman penghasil kopi ini berharap, Pemda Aceh Tengah melalui pihak terkait lainnya bisa segera merespon keluhan warga di sana.

“Kami berharap jalan menuju perkebunan ini bisa segera ditanggani, sehingga warga tidak lagi terkendala dalam mengangkut hasil pertaniannya,” ringkasnya. [] (Lap. Irwandi MN)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here