Minum Kopi Tubruk, Cara Ngopi Terbaik di Bumi

Oleh : montazeri

Kopi tubruk adalah penyajian terbaik di planet bumi. Betapa tidak penyajian yang cukup mudah dan higienis.

Kopi tubruk adalah penyeduhan kopi dengan cara manual dimana bubuk kopi dengan takaran tertentu ( sesuai selera pembuat ) diseduh dengan air mendidih dalam wadah gelas atau sejenisnya.

1. Kopi tubruk paling sehat

Dari segi kesehatan penulis menilai kopi tubruk adalah yang paling sehat dibanding dengan cara lain.

Tidak berlebihan dikarenakan pada pembuatan kopi tubruk air yang telah dididihkan dalam teko atau pemanas air sejenisnya langsung bertemu dengan bubuk kopi dan ini tidak terkontaminasi dengan bahan lain yang mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh.

Bebeda dengan pembuatan dengan cara lain, seperti kertas penyaring yang saat ini sedang trend dikalangan peminum kopi atau saringan lainnya.

Dimana air panas terkontaminasi dengan bahan lain seperti kertas filter yang mana produk-produk ini tidak dibuat didalam negri sehingga tidak sepenuhnya terjangkau oleh pengawasan pemerintah yang terkait dibidangnya apakah layak pakai atau tidak.

Dan tidak jarang setelah mengkonsumsi kopi dengan cara selain tubruk secara terus-menerus dari beberapa orang menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan seperti alergi dan lain  sebagainya.

2. Kopi tubruk  Mudah dan efesian waktu

Kopi tubruk  dalam penyajiannya mudah dan efesien waktu ini dikarenakan dalam pembuatan kopi tubruk tidak membutuhkan alat – alat canggih dan mahal untuk pembuatannya , hanya -+ membutuhkan waktu 5 menit dari pembuatan sampai menikmati kopi tersebut.

Dan hemat penulis  -+ 90% dari peminum kopi mengunakan metode penyajian tubruk selebihnya  10% dengan metode lain.

Ini terbukti dari penjualan offline dan online bubuk kopi yang dibeli oleh pembeli pada grai grai kopi yang ada banyak digunakan dirumah rumah untuk kopi tubruk.

3. Kopi tubruk jujur dalam rasa .

Meskipun dari rasanya relatif ada yang lebih suka dengan metode penyajian lainnya. Namun penyajian kopi tubruk banyak digunakan perusahaan perusahaan yang bergerak dibidang jual beli kopi untuk menyensor kualitas kopi yang akan mereka beli layak atau tidak.

Atau lebih dikenal dengan tes cupping cup ( menguji citarasa kopi).

Mengapa? Karena kopi tubruk lebih objektif dalam menilai citarasa suatu jenis kopi. Ketika pada penyajian tubruk rasa kopi Nikmat maka bisa dipastikan penyajian dalam metodelainnya tidak bermasalah akan nikmat atau lebih nikmat.

Kebalikannya jika pada metode tubruk ditemukan sesuatu yang bermasalah pada rasa kopi maka untuk penyajian lainnya bisa dipastikan akan menemukan masalah pula.

Jadi kopi tubruk juri terbaik untuk menilai citarasa sebuah jenis atau varietas kopi pasca shangrai.

4. Kopi tubruk melawan monopoli

Ketika seseorang bergantung dengan penyajian kopi dengan metode tertentu, yang mana alat dari penyeduhan kopi tersebut bisa saja dimonopoli dengan salah seorang pedagang sehingga harga alat seduh tersebut dijual dengan harga yang tidak wajar.

Ketika peminum kopi memilih metode tubruk maka akan terlepas dari masalah tersebut. Yaitu Masalah harus membeli alat seduh merek tertentu dengan harga yang cukup mahal.

5. Kopi tubruk modal lebih murah untuk mulai usaha

Dengan metode tubruk pedagang yang ingin membuka kafe atau sejenisnya akan lebih hemat dari permodalan usaha.

Betapa tidak alat-alat mesin kopi dengan merek tertentu tidak dijual secara sportif. Melainkan dimonopoli oleh pihak-pihak tertentu sehingga pedagang yang berniat membuka usaha akan terganjal dari segi permodalan.

Dengan kopi tubruk pedagang bisa memulai Usahanya tanpa mesin canggih.

Jangan ragu untuk memesan kopi tubruk pada cafe atau tongkrongan yang anda singgahi. Kopi tubruk lebih sehat.

Dan jangan ragu memulai usaha kopi tubruk. dengan sosialisasi kopi tubruk yang baik dan terus belajar tehnik metode pembuatan tubruk yang tepat InsyaAllah rasa dari kopi yang dihasilkan dengan metode penyajian tubruk tidak tertutup kemungkinan akan bersaing dengan rasa  rasa penyajian metode dengan alat-alat mahal.

Penyajian Kopi tubruk telah teruji sepanjang sejarah pasca ditemukannya bubuk kopi,  paling favorit dan terus digunakan sampai dengan sekarang.

Allahua’lam.

Penulis : direktur Marketing Tampah kopi gayo, Montazeri.

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*