Beranda ACEH TENGAH Mengejutkan! Ternyata Tsunami 5 Kali Terjang Aceh

Mengejutkan! Ternyata Tsunami 5 Kali Terjang Aceh

BERBAGI

TAKENGEN|LeuserAntara| Sejak 10000 tahun silam, setidaknya 5 kali tsunami maha dahsyat melanda Aceh. Teranyar terjadi pada 2004 atau tepatnya 13 tahun lalu.

Demikian ungkap arkeolog dari Balar Medan, Kamis (30/03/17) dalam pemaparannya tentang indikasi penyebab migrasi manusia pra sejarah ras Australomelanasoid dari pesisir ke areal pegunungan di Sumatera bagian timur.

“Selain aspek ketersedian bahan makanan, migrasi manusia dari pesisir ke daerah pegunungan pada zaman itu juga dipengaruhi faktor alam. Misalnya ancaman tsunami, dan di Aceh sendiri sejak ribuan tahun lalu bencana tersebut sudah lima kali terjadi,” papar Ketut Wiradnyana Ketua tim Balar Medan dalam kegiatan Lokakarya Tatakelola Danau Lut Tawar di Oproom Setdakab Aceh Tengah.

Sebaran migrasi manusia pra sejarah di Sumatera bagian timur berlangsung di beberapa tempat pada masa itu. Satu diantaranya berada di Ceruk Mendale pada priode zaman lebih muda, 8400 tahun lalu.

“Ceruk Mendale merupakan hunian manusia purba di Aceh Tengah. Areal ini juga sekaligus tempat penguburan dan perbengkelan (membuat alat) mereka. Artinya, peradapan nenek moyang etnik Gayo di masa itu jauh lebih maju mengenal teknologi,” jelasnya.

Ditambahkan, menetapnya manusia pra sejarah di pinggiran Lut Tawar karena dimungkinkan danau ini memiliki sumber pangan yang berlimpah untuk menjamin bertahan hidup. [] (R02)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here