Beranda ACEH TENGAH

Masyarakat Korban Longsor Masih Trauma dan Terjangkit Ispa

BERBAGI

Kabupaten Aceh Tengah

TAKENGON : Musibah longsor, banjir bandang dan air bah yang baru-baru ini melanda Aceh Tengah, masih menyisakan trauma bagi korban di lokasi musibah.

Dilaporkan, dampak curah hujan deras ini juga, menyebabkan sebagian warga terjangkit penyakit diare dan ispa, terutama di titik-titik lokasi musibah seperti; di Kp. Kuyun Kec. Celala, Kp.Rotih/Kp. Paya Beke, Kec. Silih Nara serta Kp.Pepalang/Kp. Lenung Bulen Ayu di Kec. Pegasing.

Menanggapi hal itu, Kadis Kesehatan Aceh Tengah, Syukri Maha saat dimintai keterangannya di Takengen membenarkan, imbas bencana alam di sana masih membuat sebagian warga trauma, sebagian diare dan mengalami gangguan pernapasan.

“Dari tiga lokasi bencana terakhir di Kecamatan Celala, Silih Nara dan Pegasing, sekurangnya sudah 400 pasien kami tangani. Mereka mayoritas terkena diare, ispa dan ada yang trauma,” kata Syukri Maha.

Bagi korban yang terserang bermacam penyakit, sejauh ini telah ditangani pihak Dinkes. Pun demikian, sejumlah pasien di lokasi bencana hingga kini masih rutin menjalani pemeriksaan kesehatan di posko terdekat yang didirikan.

“Setiap pasien sudah diberikan obat, disesuaikan dengan keluhan yang disampaikan korban ke pihak petugas medis di lapangan. Poskonya juga dibuka 1×24 jam. Jadi, insya Allah kami akan terus memberikan pelayanan terbaik bagi setiap pasien di lokasi musibah,” jelasnya.

Disinggung masih adanya pasien yang mangalami trauma, meski sebelumnya sudah mendapat perawatan? Syukri Maha mengaku akan tetap menangani si bersangkutan. Bahkan selain akan diberikan penyuluhan, juga bila diperlukan akan dirujuk ke rumah sakit.

“Kalau memang masih ada korban di lokasi musibah yang mengalami trauma berkepanjangan, nantinya akan kita rujuk ke rumah sakit umum. Di sana kan ada tenaga ahli kejiwaan dan psikolog. Dengan begitu, diharap mereka bisa tertangani lebih baik lagi. Kami jamin biayanya juga gratis, tanpa dipungut biaya apapun,” ringkasnya.(NM)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here