Beranda ACEH TENGAH Masjid Ketapang Rp3 M, 2019 Rampung

Masjid Ketapang Rp3 M, 2019 Rampung

BERBAGI

Takengen (LeuserAntara) : Mengenai kondisi Masjid Islamic Center di Kota Terpadu Mandiri (KTM) Ketapang, Kec. Linge, Aceh Tengah, beranggaran sekitar Rp3 M (APBN 2016) yang terbengkalai dan berselemak kotoran ternak, pihak terkait mengaku akan segera turun tangan.

“Dalam waktu dekat pagar masjid tersebut akan kami perbaiki. Sebelumnya sudah di pagar. Tapi kemungkinan sudah rusak dan lapuk menyebabkan ternak berkeliaran di sana,” kata T. Alaidinsyah mantan Kadissostranaker Aceh Tengah yang menangani pembangun proyek mesjid dalam keterangan pers Senin (4/6) di ruang kerjanya.

Dia menuturkan, pembangunan fisik masjid sekira 75-80 persen tersebut pengerjaannya sudah sesuai dengan kontrak (sekitar Rp 3 M), namun belum seratus persen rampung lantaran satuan harga yang diusulkan pada 2011 mengalami perubahan saat dikerjakan di 2016.

“Perubahan satuan harga menyebabkan anggaran yang turun dari pusat tidak cukup. Lantas, untuk melanjutkan pembangunannya kembali sudah diusulkan di 2017. Namun dikementrian ada pengurangan anggaran, lanjutan tdk ada. Sementara di 2018 juga tidak ada karena fokus pusat beralih ke wilayah Timur.”

“Meski demikian, berdasarkan hasil usulan kami saat mengikuti rapat di Batam, untuk  pembangunan masjid di Ketapang ini sudah disetujui pusat dan akan dilanjutkan di 2019 dengan tambahan dana sekitar Rp2,5 M dari APBN. Jadi, insyaallah tahun depan Masjid Islamic Center di Ketapang ini sudah rampung dan dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai sarana ibadah,” jelasnya.

Ditanya soal perawatan masjid yang belum rampung itu, menurut T Alaidinsyah , pihaknya sudah menitipkan penjagaan sarana ibadah ini ke seorang aparatur kampung. Namun, kemungkinan ketiadaan honor menyebabkan masjid tersebut tak terawat.

“Sudah dititip ke imam kampung. Tapi honornya belum ada. Untuk itu, besok kami bersama pihak rekanan akan turun ke lapangan membuat pagar, sehingga tidak ada lagi ternak berkeliaran di areal masjid tersebut,” tukasnya.[] (Laporan: Irwandi MN)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here