Beranda ACEH TENGAH Lautan Manusia di Final Pacuan Kuda Gayo

Lautan Manusia di Final Pacuan Kuda Gayo

BERBAGI

Takengen (LeuserAntara) : Memasuki babak final event pacuan kuda tradisional di Gayo Lut, Aceh Tengah memeriahkan HUT Ke 441 Kute Takengen dibanjiri “lautan” manusia, Minggu (11/3).

Warga yang hadir menonton bukan saja di seputaran daerah itu, namun mereka datang secara bergelombang dari kabupaten tetangga seperti; Bener Meriah, Gayo Lues, Biruen dan sebagian dari luar Provinsi Aceh.

“Kami datang bersama keluarga. Ini yang kedua kalinya saya menyaksikan langsung semaraknya pacuan kuda di arena Blang Bebangka ini,” kata Husin, pelancong lokal asal Biruen saat dimintai keterangannya di lokasi pacuan.

Senada hal sama diutarakan Sabral, warga setempat. Menurutnya, tradisi pacuan kuda sudah menjadi hiburan merakyat di tengah masyarakat.

“Rasanya ada yang kurang jika tidak hadir dimoment pacuan kuda. Selain untuk menonton, biasanya di sinilah kita bisa saling bersilatuhrahmi, bertemu teman yang selama ini jarang berjumpa karena kesibukan masing-masing,” ungkapnya.

Amatan Leuserantara.com, selain berjubelnya penonton, ajang 2 kali dalam setahun digelar Pemda Aceh Tengah ini diramaikan  oleh ratusan pedagang yang mengais rezeki di sana.

Sementara, seperti event sebelumnya, kegiatan yang digelar 5-11Maret 2018 didominasi oleh kuda-kuda terbaik dari Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues. Menariknya dalam setiap race, kuda pacu tersebut ditunggangi joki-joki cilik dan berusia belia tanpa menggunakan pelana sebagaimana lazimnya. [] (Laporan : Irwandi MN)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here