Beranda ACEH TENGAH

KIP Gelar Simulasi Pemilu di Takengen

BERBAGI

Takengen (LeuserAntara): Guna menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019, KIP Aceh Tengah menggelar simulasi pemilihan di Lapangan Setdakab kabupaten setempat.

Simulasi ini mengambil TPS di 2 kampung Kuteni Reje Kec. Lut Tawar dengan jumlah pemilih 142 orang, melibatkan PPK, PPS dan petugas KPPS.

“Simulasi ini dibuat senyata mungkin menggambarkan kondisi di hari H nanti. Dimana terdapat kotak suara, bilik suara, papan pengumuman DPT, petugas KPPS, pengawas TPS dan saksi,” kata Mukhlis Ketua Devisi Penyelenggara KIP Aceh Tengah, Kamis (11/4) di sela acara simulasi Pemilu.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut sekaligus bertujuan melihat sejauh mana petugas di lapangan dalam menghadapi situasi riil dan bagaimana efektifitas petugas TPS menghadapi kondisi maupun beragam kendala yang mungkin terjadi.

“Kami juga akan mencermati berapa estimasi waktu yang dibutuhkan setiap pemilih dalam mengikuti proses pemberian hak suara di TPS, sehingga bisa diperkirakan hari pemungutan dan bisa berjalan sesuai jadwal yang ditentukan,” ungkap Mukhlis.

Lain itu, KIP Aceh Tengah ini berharap simulasi yang dilakukan mampu menjadi tolak ukur kesiapan petugas TPS menjelang hari pemungutan suara yang akan berlangsung pada 27 April mendatang.

“Simulasi hari ini diharap bisa memperkirakan bagaimana kondisi di lapangan saat pemungutan dan penghitungan suara. Melalui simulasi ini petugas nantinya mampu lebih sigap dan terlatih menghadapi kondisi riil saat Pemilu berlangsung,” ringkas Mukhlis.[] (Laporan: Irwandi MN)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here