Beranda ACEH TENGAH Kembalikan Pengelolaan Hutan Gayo Ke Adat !!!

Kembalikan Pengelolaan Hutan Gayo Ke Adat !!!

BERBAGI

TAKENGEN | LeuserAntara | Mayoritas hutan serta potensi di dalamnya yang berada di wilayah Gayo, Prov. Aceh dikuasai PT. Tusam Hutan Lestari (THL). Secara pengelolaan, hal ini diduga sangat merugikan masyarakat lokal, baik secara ekonomi maupun aspek lainnya.

“Selama ini hutan Gayo terkesan terbengkalai karena dipersulit birokrasi rumit yang dikuasai THL. Dari itu sudah sepatutnya hutan Gayo dibebaskan menjadi hutan adat,” ujar Zamzam Mubarak, Direktur LSM Linge Antara Institute yang bergerak di sektor pengembangan sumber daya strategis, Kamis (10/11/16) di Takengen.

Untuk membebaskan fungsi dan potensi hutan Gayo, Zamzam menjelaskan pihaknya akan mendesak kementrian terkait maupun DPRK dan Pemda untuk lebih serius menindaklanjuti persoalan ini.

“Persoalan hutan sangat berkaitan erat dengan pengembangan program pembangunan, ekonomi rakyat, sosial dan sektor lainnya. Jadi sudah selayaknya masyarakat lokal mulai mengkhawatirkan fungsi hutan yang secara terus menerus dikuasai THL,” ucapnya.

Lain itu, tambah dia, terhadap penguasaan hutan, negara juga mengakui adanya hak masyarakat adat. Tidak sepenuhnya bisa dikuasai semena – mena oleh pihak maupun.

“Intinya, masyarakat Gayo sangat berharap hutan di sini dapat dibebaskan pengelolaannya menjadi hutan adat,” pungkas Mubarak. [tim].

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here