Beranda GAYO LUES Kelompok Tani Asal Desa Bacang Membuat Pupuk Kompos

Kelompok Tani Asal Desa Bacang Membuat Pupuk Kompos

BERBAGI

GAYO LUES (LeuserAntara): Kelompok tani Bunge Setangke, asal Desa Bacang, Kecamatan Blangkejeren, kabupaten Gayo Lues, membuat pupuk kompos, jum’at, (11/5/2018).

Kartini, PPL kampung Bacang saat di komfirmasi wartawan Leuserantara.com mengatakan, pembuatan pupuk kompos ini, di lakukan untuk mengubah pola fikir masyarat, agar tanaman tumbuh subur tidak hanya dengan pupuk kimia (vestisida) saja, katanya.

“Dan selain membuat tanaman tumbuh subur, pupuk kompos ini juga ramah lingkungan, beda dengan pupuk kimia pada umunya, yaitu dapat merusak ekosistem alam, karna zatnya,” ucapnya.

Dan adapun cara membuat pupuk kompos adalah sebagai berikut. Pertama, tanah 3 karung di tuangkan di atas plastik. taburkan domolit tipis di atas tanah sampai rata, taburkan dedak tipis di atasnya, lalu semprot aktivator.

Pupuk kandang sapi/kerbau 3 karung di tuangkanlah di atasnya. tebarkan dolumit tipis di atasanya. Dan lanjutkan dengan tebarkan dedak tipis di atasnya lalu di semprot Aktivator.

Serta terahir tuangkanlah satu batang pohon pisang rata di atasnya dan semprot aktivator dengan merata.

Lanjutnya, sesudah nanti menjadi pupuk maka kita akan menguji pemupupukan pertama, di lahan yang sudah di kelola oleh kelompok tani bunge setange sebutnya. Seraya mengucapkan insya’Allah hasilnya akan memuaskan. (Sahrial)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here