Kapal Api Akan Bangun Industri Kopi di Gayo

Jakarta (LeuserAntara): Dirut PT. Kapal Api Soedomo Mergonoto, menyatakan siap mendukung program pemerintah dan akan ber-investasi untuk membangun industri kopi, untuk perkebunan kopi.

Demikian sebut bos PT. Kapal Api ini saat ikut rapat koordinasi dengan Dewan Ketahanan Nasional tentang rencana pemerintah pusat untuk melakukan reforestasi lahan di Aceh, Rabu (6/6/2018).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Sekjen Dewan Ketahanan Nasional, Letjen TNI Doni Manardo yang diikuti oleh sejumlah kepala daerah dari dataran tinggi Gayo itu, menarik minat perusahaan Kopi Kapal Api untuk mengembangkan jaringan bisnisnya di Gayo.

Soedomo Mergonoto menyatakan, menyerahkan kepada masyarakat dengan cara membantu biaya penanaman kopi, akan tetapi penjualan hasilnya harus kepada perusahaan miliknya.

Menjawab kesiapan Bener Meriah dalam program nasional itu, Bupati Bener Meriah Ahmadi menyatakan “ Pemerintah daerah siap mendukung penanaman kopi guna penghijauan kembali,” jelasnya.

Jika memang pihak swasta seperti Kapal Api mau membangun industri dan berkebun, kami akan dukung sepenuhnya, karena yang terpenting demi kesejahteraan masyarakat, tegas Ahmadi.

Dikatakannya, tidak dapat dipungkiri wilayah hutan di Bener Meriah mengalami kerusakan, akan tetapi tidak dalam jumlah yang besar, perambahan yang terjadi karena masyarakat memerlukan tanah untuk berkebun.

“Sehingga perlu adanya kajian dan regulasi yang tepat dari Kementerian Kehutanan tentang penggunaan lahan demi kegiatan ekonomi masyarakat,” harap Ahmadi.

Rapat yang berlangsung di sekretariat Dewan Ketahanan Nasional tersebut di juga dihadiri oleh Pangdam Iskandar Muda Mayjen Abdul Hafil Fuddin, Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar, Bupati Gayo Lues Muhammad Amru, Wakil Bupati Pidie Fadhlullah TM Daud dan Bupati Aceh Selatan Dedi Yuswadi,S.STP.(LA)

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*