Beranda BERITA

Kampung Badak Diterjang Bah

BERBAGI

BLANG KEJEREN|LeuserAntara| Setidaknya 60 KK warga Dusun Toa dan Umah Rinung di Kp. Badak Kec. Dabun Gelang, Kab. Gayo Lues pada 09 April 2017 lalu diterjang air bah bersama lumpur setinggi 0,5-1 meter. Musibah ini disebabkan meluapnya sungai yang berada di daerah itu.

Saat dimintai keterangannya, Kepala Desa Badak mengungkapkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun para warga menfalami kerugian harta benda akibat terendam kiriman air bercampur material lumpur.

“Sekitar seratus rumah terendam air. Banyak ternak mati dan perabotan rumah tangga rusak,” kata Sabit, Kepala Des Badak menjawab LeuserAntara. com, Selasa (11/04/17) di sela mendata dampak musibah di kampung setempat.

Lain itu, terjangan air bah juga menyebabkan 2 rumah rusak berat dan hektaran sawah disapu lumpur dengan rincian: 100 Ha di Kp. Badak, 50 Ha Kp. Pangur, 20 Ha Kp. Uning Gelung serta 15 Ha di Kp. Sangir Dusun Pisang.

“Satu irigasi sawah di Kp. Pangur juga ikut jebol dalam musibah ini,” ungkapnya.

Sementara, atas bencana alam ini, pihak Muspika Kec. Dabung terdiri dari aparat TNI-Polri Gayo Lues, Dinas BPBD, Dinas Sosial, RSUD dan Puskesmas beserta tim relawan tanggap darurat turun ke lokasi. Mereka mendirikan tenda darurat, menurunkan 1 unit alat berat.

Selanjutnya, menyalurkan air bersih, beras, mie instan dan kebutuhan lainnya. Camat Dabun Gelang, Samsul Bahri menyebutkan, penyebab banjir akibat adanya penyempitan aliran sungai Badak. Sehingga air bah yang datang meluber dari sungai.

“Hal lain penyebab banjir akibat banyaknya sampah dan dangkalnya dasar sungai,” jelas Samsul.

Bersamaan Kadis Sosial Gayo Lues, Ishak Juharsah menambahkan, untuk bantuan masa panik selain makanan dan lauk pauk telah disalurkan juga ada selimut dan beberapa perlengkapan dapur.

Sedangkan, Kadus Umah Rinung, Rasidan mengutarkan, pihaknya sudah mendata secara rinci korban harta dan benda akibat terjangan air bah sungai Badak. Dipridiksi kerugian materil sekitar 2 milyar lebih.

Informasi lain dihimpun, sejauh ini Pihak Pemda Gayo Lues sudah dan sedang melakukan koordinasi ke Provinsi Aceh dan ke BPBN Aceh dan Kemensos RI di Jakarta. [] (Laporan: Ibrahim MY dari lokasi bencana)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here