Beranda ACEH TENGAH Kader AMPL Desa Dilatih di Gayo Lut

Kader AMPL Desa Dilatih di Gayo Lut

BERBAGI

Takengen (LeuserAntara): Perwakilan 24 kampung dari 11 kecamatan di Aceh Tengah ikuti pelatihan kader AMPL (Air Minum Penyehat Lingkungan) desa baru 2019.

Kegiatan pelatihan ini di laksanakan guna meningkatkan pemahaman dan pengetahuan dan keterampilan kader AMPL dalam mengawal setiap perkembangan isu pembangunan di desa.

Sebagai nara sumber dikegiatan tersebut, Azwar selaku Ketua PAKEM Aceh Tengah menyampaikan, pelatihan ini diharap menjadikan kader AMPL yang mampu mensosialisakan  program Pamsimas III tingkat masyarakat.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan AMPL Desa, akan membentuk kader-kader yang mampu dan terampil dalam melaksanakan tugas sesuai dengan kebutuhan program,” kata Azwar dalam arahannya dihadapan peserta yang berlangsung di Takengen, Kamis (25/10).

Ditambahkan, kader AMPL juga dalam melaksanakan tugas sesuai program hendaknya melakukan pendampingan masyarakat yang dimulai sejak proses sosialisasi di tingkat desa hingga sampai berkelanjutan.

“Melalui Program ini kita juga harus mampu memotivasi dan mendampingi warga dalam pembangunan air minum dan sanitasi dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Adapun sejumlah kegiatan yang dilakukan di setiap lokasi Pamsimas antara lain; sosialisasi program ditingkat kabupaten sampai ke desa. Proses permintaan desa, pelaksanaan identifikasi masalah dan analisis tahap I (satu).

Selanjutnya, penyusunan dan pengajuan proposal desa. Verifikasi dan penilaian proposal serta penetapan  calon desa sasaran.

Sementara itu, selain ketua PAKEM, kegiatan pelatihan pembekalan ini dihadiri oleh pemateri dari instansi lainnya seperti; BPM dan Dinkes  Aceh Tengah, Perkim dan Konsultan Roms dari dari daerah Gayo Lut ini.[] (Lap.Irwandi MN)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here