Beranda ACEH TENGAH Jelang Event Pacu Kuda di Gayo Arena Balapan Ditata

Jelang Event Pacu Kuda di Gayo Arena Balapan Ditata

BERBAGI

Takengen (LeuserAntara) : Menyukseskan penyelenggaraan event budaya pacuan kuda tradisionil  yang dijadwalkan 17-23 September 2018 di Dataran Tinggi Gayo, Belang Bebangka, Kec. Pegasing, Aceh Tengah, masyarakat 5 kampung mulai membenahi arena balapan.

“Berdasarkan hasil musyawarah bersama pihak Muspika dan Disparpora, untuk panitia pacuan kuda, khususnya lapak dan parkir diputuskan pengelolaannya diserahkan secara estapet ke masyarakat 5 kampung di sini,” kata M Saleh, Reje Kp. Jurusen, kepada LeuserAntara. com, Sabtu (8/9) di Belang Bebangka.

Menurutnya, adapun lima kampung yang secara estapet (bergilir) sebagai pengelola lapak dan parkir setiap pagelaran pacuan kuda ke depannya yakni; Kp. Jurusen, Belang Bebangka, Sp. Kelaping, Kala Nareh dan Kayukul.

“Dikegiatan persiapan jelang pelaksanaaan pacuan kuda hari ini ada 100 orang yang terlibat. Kami merupakan perwakilan 5 kampung,” ungkap M Saleh seraya menyebutkan panitia berharap semua pihak mendukung suksesnya kegiatan ini sebagaimana pelaksanaan ajang sebelumnya.

Pacuan kuda tradisionil yang digelar di daerah Gayo Lut ini digelar 2 kali dalam setahun oleh Pemda setempat. Selain dari Aceh Tengah, biasanya turut serta kuda-kuda handal dari Bener Meriah dan Gayo Lues di Provinsi Aceh.

Sementara, dikegiatan gotong royong ini, turut hadir bersama masyarakat sejumlah calon legislatif di Aceh Tengah seperti; Arwin Mega diusung PDI dari Dapil IV (empat), Daman calon PA Dapil II (dua) dan Abd Rahman calon Partai Berkaya juga Dapil II (dua). [] (Lap. Irwandi MN)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here