Irwandi dan Ahmadi Bertemu Gubernur Abdullah Dollek Bahas Kopi Gayo

Istanbul (LeuserAntara): Sembari melaksanakan promosi Kopi Arabika Gayo di acara Istambul Coffe Festival, pada 21 September 2017 Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Bupati Bener Meriah Ahmadi, SE beserta rombongan memenuhi undangan Gubernur Eyub.

Kantor tempat pertemuan tidak jauh dari lokasi festival coffe berlangsung. Undangan Gubernur Kota Eyub, Abdullah Dolek disampaikan melalui konsulat jenderal Republik Indonesia untuk Istanbul, Heri Sudrajat, yang ikut mendampingi delegasi Provinsi Aceh dalam pertemuan ini.

Eyub merupakan salah satu wilayah administratif yang setingkat dengan kota madya bila di Indonesia, namun dalam penyebutan pemimpin kota tersebut, dengan sebutan Kaymakami atau Gubernur bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

Kota Eyub dikenal memiliki keunggulan di berbagai segi, baik pembangunan maupun regulasi tentang pengelolaan kota yang dianggap sangat moderen di Turki.

Gubernur kota yang sangat maju di Turki ini memberikan sambutan dan apresiasi yang luar biasa atas kehadiran delegasi Provinsi Aceh di kantor kebanggaan Pemerintah Kota Eyub, hal ini tampak dari sambutan Gubernur Abdullah Dollek dan para staf ketika mempersilakan rombongan delegasi Aceh di dalam ruang kerjanya.

Kopi Gayo menjadi topik hangat yang dibahas oleh Pemimpin kota Eyub, Abdullah Dolek dengan Irwandi dan Ahmadi.

Gubernur Eyub menjelaskan “Bahwa kopi gayo sangat diminati oleh para pecinta kopi di negaranya, akan tetapi kopi gayo didapatkan para importir kopi dari para pedagang kopi Eropa,” ucap Abdullah Dolek kepada delegasi Provinsi Aceh.

Harapan kami, Aceh bisa menjadi mitra perdagangan kopi para pengusaha kopi di Eyub dan Turki ini, tambahnya.

Delegasi Aceh yang dipimpin oleh Irwandi Yusuf menyambut baik sikap orang nomor satu di Kota Eyub tersebut, dan mengemukakan akan mendorong para pedagang kopi Aceh untuk melakukan perdagangan kopi dengan para pengusaha Turki.

Selain itu orang nomor satu di Aceh ini menyebutkan, Aceh memiliki ikatan emosional sejak jaman Khilafah Usmaniyah, sehingga kita perlu membangun hal tersebut kembali untuk kejayaan kedua bangsa baik dalam bidang ekonomi dan bidang budaya.

Di kesempatan yang sama, Bupati Ahmadi menuturkan, ini adalah kesempatan emas bagi para pedagang kopi di Bener Meriah, karena antusias masyarakat Turki serta Pemerintahnya sangat tinggi terhadap komoditi andalan Bener Meriah tersebut.

Selain membicarakan kopi gayo, Abdullah Dolek dan delegasi Aceh juga membahas beberapa peluang kerjasama di bidang budaya.(rilis)

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*