Irwandi: Ada Kuburan, Proyek IPAL Akan Dihentikan dan Dipindahkan

Banda Aceh (LeuserAntara): Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf mengatakan, proyek pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Gampong Jawa akan dihentikan dan dipindahkan ke lokasi lain.

Hal tersebut disampaikan Irwandi Yusuf usai melakukan tinjauan ke lokasi pembangunan IPAL di gampong Jawa, Sabtu (11/11/2017) sore.

“Kami sudah minta proyek itu agar dihentikan dalam pertemuan dengan DPR – RI beberapa waktu lalu saat berkunjungan ke Aceh, jadi akan dihentikan dan pindah ke lokasi lain” kata Irwandi.

Proyek tersebut kata Irwandi merupakan kecelakaan sejarah yang tidak disengaja, karena tidak ada seorang pun yang tau bahwa ada kuburan di tempat tersebut.

“Sebelum ditimbun, ini rawa-rawa bakau, dan tidak ada yang tau ada kuburan disini, kapan ketahuan? Ketika digali dan ditimbun untuk proyek IPAL,” ujar Irwandi.

Berdasarkan informasi dari masyarakat sekitar lanjut Irwandi, masih banyak kuburan-kuburan lainnya di sekitar proyek tersebut.

“Saya akan tugaskan Dinas terkait untuk melakukan penelitian dan mencari kuburan-kuburan penting di wilayah ini,” ujar Irwandi.

Sedangkan untuk infrastruktur yang sudah dibangun kata Irwandi, akan di alih fungsikan baik itu sebagai situs ataupun wisata sejarah.

Pada kesempatan tersebut, Irwandi juga menyampaikan bahwa Tempat Pembuangan Akhir (TPA) juga akan dipindahkan ke Blang Bintang.

“Sampah-sampah ini juga akan dipindahkan ke Blang Bintang,” sebutnya.

Turut mendampingi Irwandi dalam peninjauan tersebut, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Takwallah, Kepala Dinas PERKIM Aceh, Ir. Samsul Bahri,M.Si dan beberapa pejabat lainnya.(Hms)

 

 

 

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*