Ini Sarat Ikut Lomba Fotografer Pameran Foto Gempa di PKA

index

TAKENGEN |LeuserAntara| Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, akan menggelar pameran Foto Gempa di ajang Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-6, yang digelar pada 20-29 September 2013 mendatang.

Pameran ini, dijelas Kadisbudpar Aceh Tengah, Ir. Nasiruddin, MM sesuai dengan arahan pimpinan daerah Aceh Tengah, untuk mengisi kekosongan anjungan PKA Aceh Tengah di Banda Aceh, serta untuk memberi gambaran dan informasi kepada pengunjung PKA tentang musibah yang menimpa masyarakat saat gempa.

” Dalam PKA nanti, kita hanya ambil andil di pamera foto Gempa saja, ditambah dengan beberapa foto informasi seni, budaya Gayo serta wisata Aceh Tengah ,” kata Nasiruddin, Selasa 3 September 2013.

Untuk materi foto yang akan dipamerkan, Kadisbudparpora Aceh Tengah mengajak para fotografer yang memilik koleksi foto untuk turut serta. ” Pemerintah Aceh Tengah membuka peluang seluas-luasnya kepada siapa saja untuk turut serta mengirimkan foto tentang Gempa 2 Juli 2013 lalu. Dan akan dipamerkan setelah melalui tahapan kurasi oleh kurator foto yang ditunjuk ,” kata Nasiruddin.

Dalam pameran ini, beberapa dinas terkait juga terlibat diantaranya BAPPEDA Aceh Tengah, Dinas PU Aceh Tengah, BPBD Aceh Tengah serta Bagian Humas Setdakab Aceh Tengah.

Lebih jauh dijelaskan terkait teknis pengiriman foto diantaranya :

1. Tema : SEMANGAT BANGKIT GAYO ACEH TENGAH
2. Lokasi : Anjungan PKA Aceh Tengah
3. Waktu : 20-29 September 2013
4. Jumlah Foto : 100 Frame
5. Ukuran Foto : 60 cm X 40 cm
6. Peserta : Fotografer yang berdomisili di Aceh Tengah dan fotografer
yang memiliki koleksi foto Gempa 2 Juli 2013, foto Budaya dan Wisata Kabupaten Aceh Tengah
7. Waktu pengumpulan foto : 25 Agustus 2013 – 12 September 2013
8. Kurasi foto : 25 Agustus 2013 – 15 September 2013

Proases Kurasi Foto

a. Untuk kebutuhan kurator-kurasi foto pameran, peserta dapat mengirimkan foto dengan ukuran sisi terpanjang 1024 pixel maksimal file 300 Kb ke email: fotogempa.gayo@yahoo.com dan untuk kebutuhan cetak dikirim dengan CD/VCD dengan ukuran original.
b. Setiap peserta dapat mengirim maksimal 5 foto
c. Seluruh foto yang lolos kurasi dan dipamerkan akan masuk dalam Katalog dan akan dicetak fullcolor sebanyak 500 exemplar.
d. Kurator foto :
– Tarmizy Harva
– Iranda Novandi
– Sekretaris Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Tengah

9. SYARAT DAN KETENTUAN PESERTA PAMERAN

a. Peserta terbuka untuk seluruh fotografer Aceh Tengah dari 23 kabupaten/kota di Aceh dan fotografer luar Aceh yang memiliki foto sesuai tema pameran.
b. Tidak dipungut biaya dan tidak mendapat bayaran
c. Setiap peserta pameran berhak mengirimkan maksimal 5 (lima) foto.
d. Peserta harus menyerahkan file asli (original) tanpa editing, tanpa bingkai dan watermark, penyelenggara menyediakan foto editor demi keserasian dan keseragaman proses editing [khusus foto yang lolos seleksi/kurasi]

10. SYARAT DAN KETENTUAN FOTO YANG DIPAMERKAN

a. Foto harus karya sendiri, bukan milik orang lain atau sedang terikat kontrak dengan pihak ketiga.
b. Foto di buat di seluruh wilayah Kabupaten Aceh Tengah
c. Hanya foto berwarna dan hitam putih yang diterima untuk di seleksi.
d. Untuk kepentingan cetak ukuran besar, foto dibuat minimal menggunakan kamera 8 mega pixel (JPG – Fine) atau foto format Raw/Nef pada kamera 5 mega pixel.
e. Foto terkait gempa, tarian, alat musik, upacara adat, makanan khas, pakaian adat, situs peninggalan sejarah, kopi serta kenduri adat dan lain sebagainya berkaitan dengan khas daerah tidak dibatasi usia pembuatan foto (pemotretan).
f. Khusus foto lokasi wisata yang diserahkan maksimal berusia 5 tahun, pemotretan tahun 2009.
g. Setiap foto disertai file info berisi : nama fotografer, alamat, email dan nomor telepon, lokasi pengambilan, judul serta keterangan foto maksimal 300 kata.
h. Foto dimasukkan dalam CD/DVD dan dikirimkan ke alamat Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Tengah, Jln Mess Time Ruang Kemili Takengon Aceh Tengah, atau via email :

11. KEWAJIBAN DAN HAK PENYELENGGARA

a. Penyelenggara dibebaskan dari segala tuntutan pihak ketiga terkait hak cipta, model release, ijin tempat atau merek dagang.
b. Penyelenggara dan panitia tidak akan memberikan, meminjamkan, dan menjual karya foto peserta kepada pihak lain atau digunakan untuk kepentingan selain kebutuhan pameran, publikasi pameran serta memasukkan kedalam katalog pameran.
c. Penyelenggara memiliki hak penuh untuk menentukan foto-foto yang akan di pamerkan melalui proses kurasi oleh kurator foto yang telah ditunjuk.
d. Penyelenggara berkewajiban menjadi perantara jika ada karya foto yang diminati pihak ketiga.
e. Untuk kepentingan pameran lanjutan maka penyelenggara tidak mengembalikan (menyerahkan) foto yang telah di cetak.
f. Penyelenggara memberikan sertifikat untuk seluruh peserta pameran.

12. HAL DILUAR TANGGUNGJAWAB PENYELENGGARA

a. Penyelenggara tidak bertanggungjawab atas kerusakan atau kehilangan file foto pada saat pengiriman baik lewat pengiriman data elektronik maupun lewat pos/kurir.
b. Penyelenggara tidak bertanggungjawab terhadap tuntutan pihak ketiga terkait hak cipta.
c. Dengan keikutsertaan dalam pameran ini peserta setuju dengan segala persyaratan dan ketentuan yang di buat penyelenggara.

13. INFORMASI
a. Email : fotogempa.gayo@yahoo.com
b. Website : www.wisataacehtengah.com, www.disbudparpora.acehtengah.go.id

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*