Beranda GAYO LUES

Indahnya Pemandangan di Puncak Gunung Leuser

BERBAGI

Blangkejeren (LeuserAntara): Gayo Lues, Provinsi Aceh yang sangat terkenal destinasi wisata yang kaya akan alam, tepatnya di daerah Kedah Kecamatan Blangjerango, merupakan primadona bagi turis asing yang ingin menikmati keindahan alam dan satwa di Taman Nasional Gunung Leuser. Mr. Jali salah seorang pemandu turis warga setempat Kamis (8/2).

Dia mengatakan, pesona Gunung Leuser saat ini sangat di kenal di kalangan para turis dan banyak wisatawan yang ingin datang kesini, karena alamnya sangat terjaga, tidak heran kita jika kita bisa menjumpai dengan mudah satwa seperti orangutan, harimau, black giblon, siamang, kera liar, spesies burung langka, dan banyak primata lainnya.

Bagi pencita triking, Kedah merupakan gerbang utama untuk menuju ke taman Nasional Gunung Leuser.

Ketika kita ingin menjelajahi Taman Nasional Gunung Leuser tersebut masuk dari arah Kedah, kita selalu menemani tamu – tamu kita dari mancanegara.

Saya asli orang Gayo serta bisa berbahasa Inggris, setiap wisatawan asing masuk ke sini tidak akan kesulitan lagi dengan adanya Mr Jali, buat yang ingin jalan-jalam kesini silahkan hubungi nomor telepon Mr Jali di 081362291844, jelasnya.

“Taman Nasional Gunung Leuser merupakan salah satu taman nasional favorit buat pencita alam, karena alamnya masih alami dan Leuser ini merupakan salah satu kawasan pelestarian alam di Indonesia yang punya lahan seluas 1.094.692 hektar.

Memang, secara administrasi terletak di dua provinsi yaitu Aceh dan Sumatera Utara. Namun, yang saya tahu, untuk bisa trekking menuju Taman Nasional Gunung Leuser ini paling dekat dari arah Kedah Gayo Lues Aceh.

Taman nasional ini diarea sekitarnya dikenal dengan nama kawasan Ekosistem Leuser yang menjadi situs warisan Dunia UNESCO.

Ada sekitar 130 spesies dapat diidentifikasi di taman nasional Gunung Leuser yaitu: harimau sumatera, gajah, badak, siamang, kera, macan tutul, reptil, ikan, dan 325 spesies burung. Taman nasional Gunung Leuser memiliki puncak tertinggi 3.381 meter dan merupakansalah satu taman nasional terbesar di Indonesia dengan luas 7.972 km di ujung utara sumatra.

Ketika melintasinya akan tersaji pemandangan yang luar biasa. Para petualang sejati tidak akan kecewa ketika menjelajahi taman ini. Taman Nasional Gunung Leuser sendiri mengambil nama dari Gunung Leuser (3.404 mdpl) di Aceh.

Taman nasional meliputi ekosistem asli dari pantai sampai ke pegunungan tinggi yang diliputi hutan lebat khas hujan tropis, Taman nasional ini di kelola dengan sistem Zonasi untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi, demikian Mr. Jali.(TR)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here