Foto: Bermalam di pinggir sungai Jamat, sembari menikmati alam yang indah.(Foto: LeuserAntara-Kayu Kul)

Indahnya Menelusuri Hutan dan Sungai Jamat

Oleh: Kayu Kul

Hutan damar yang masih sangat padat, terefleksi dengan sangat indah di Oweh Kol Dusun atau (sungai dusun jamat), Kecamatan linge Kabupaten Aceh Tangah.

Kampung Jamat, berada dalam wilayah administrasi Kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah. Daerah ini termasuk perkampungan tua. Terdapat beberapa rumah peninggalan masa lalu yang keasliannya masih terjaga. Kampung Jamat dapat ditempuh dengan berkendara dari ibu kata Kabupaten Aceh Tengah selama lebih kurang 2 (dua) jam.

Potensi wisata alam yang sungguh luar biasa indah, termasuk sungai yang sangat panjang dan lebar. Sungai yang mengalir dari arah selatan, menuju muaranya utara ini sungguh merupakan sajian alam yang luar biasa. Kiri kanan sungai terhampar sawah dan hutan Damar yang sangat padat dan masih asli. Sangat ideal bagi pemburu foto alam.

Menelusuri sungai di sana dapat dilakukan dengan berjalan kaki dan menggunakan perahu (sampan) penduduk. Berangkatlah menjelang matahari terbit. Pamandangan hutan damar yang masih asli telah tersaji di depan mata dan sawah desa Jamat.

Tepat matahari menampakkan dirinya. Alam akan menyajikan sesuatu yang dahsyat. Air yang jernih dan tenang seakan menjadi cermin bagi langit dan damar dengan sangat indahnya. Perubahan warna langit perlahan menggradasi, sungguh merupakan sebuah sajian eksotis.

tindakan yang tepat untuk menikmati sajian alam yang masih perawan ini. Jika punya nyali, cobalah pemandu desa untuk masuk menyusuri lorong-lorong hutan damar yang padat itu, lalu sediakan lensa tele untuk membidik beraneka jenis burung yang bertengger mencari makan di antara pohon damar.

Jika anda penyuka memancing, sempatkan waktu berada di muara. Dirikan tenda dan keluarkan alat pancing. Air sungai suatu tantangan bagi pemancing. Ikan yang masih tersedia cukup banyak jelas membuat kegiatan memancing menjadi mengasyikkan.

Dari ibu kota kabupaten Aceh tengah, pengunjung dapat menyewa mobil menuju jamat, dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

Kayu Kul adalah aktivis pecinta lingkungan hidup

 

Komentar Via Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*