Beranda BENER MERIAH Humas Bener Meriah Sosialisasikan Aplikasi SIPMASBRO ke Para Wartawan

Humas Bener Meriah Sosialisasikan Aplikasi SIPMASBRO ke Para Wartawan

BERBAGI

REDELONG (LeuserAntata): Setelah dilakukannya sosialisasi dan launching bersama secara resmi penggunaan aplikasi “SIPMASBRO” dan Aplikasi “SISURON”, oleh Plt. Bupati Bener Meriah Tgk. H. Syarkawi beberapa waktu lalu.

 Kini, Humas Setdakab secara khusus melanjutkan sosialisasi aplikasi “SIPMASBRO” kepada seluruh wartawan di wilayah kerja Kabupaten Bener Meriah, Kamis (19/7/2018).

Aplikasi “SIPMASBRO” yang merupakan singkatan dari Sistem Informasi dan Publikasi Kehumasan, Berita dan Keprotokoleran” adalah sebuah aplikasi berbasis website.

Ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Bener Meriah Sukur, S.Pd., M.Pd, dalam rangka rancangan proyek perubahan.

Hal ini dilaksanakan dalam rangka mengikuti Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan IV pada Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur IV Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (PKP2A IV LAN RI) Aceh Tahun 2018.

Menurut Kabag Humas Sukur, aplikasi website ini dirancang dan dikembangkan untuk memaksimalkan memudahkan bagian Humas, dalam melaksanakan tugas dan fungsi bagian tersebut secara terpadu dan efektif dan efesien sesuai dengan tuntutan dan perkembangan kekinian teknologi informasi terutama dalam bidang tugas publikasi dan informasi pimpinan daerah, kehumasan, berita dan keprotokoleran yang merupakan tugas dan fungsinya secara maksimal.

“Aplikasi ini kami rancang dan kembangkan untuk memberikan informasi dan publikasi secara terpadu baik kehumasan, berita dan keprotokoleran melalui website bagian Humas Setdakab Bener Meriah, website ini dilengkapi dengan beberapa fitur untuk tujuan itu seperti fitur berita baik berita tertulis maupun berita dalam bentuk vedio dan galeri photo kegiatan pimpinan, ada juga fitur informasi keberadaan pejabat dan infornasi event kegiatan pimpinan serta langganan berita,” demikian dijelaskan Sukur.

Lebih jauh Sukur memaparkan, pada aplikasi fitur informasi pejabat timnya merancang sedemikian rupa sehingga publik secara luas baik stakeholders internal maupun ekternal pemerintahan dapat mengetahui pejabat terutama dilingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Bener Meriah.

Kemudian, sekaligus dilengkapi informasi detail berupa photo dan profil singkatnya seperi nama lengkap, NIP, pangkat/golongan/ruangan serta jabatannya dan yang tidak kalah penting dilengkapi pula dengan informasi keberadaan pejabat dimaksud ada ditempat atau dinas luar.

Dan apabila dinas luar dengan mengkliknya maja akan muncul juga informasi nota dinasnya kepada siapa dengan menampilkan nama, NIP, pangkat/golongan/ruang, jabatan serta dilengkapi dengan nomor dan tanggal SK nota dinas.

Masih menyangkut informasi pejabat menurut Sukur, ini merupakan aplikasi unggulan dalam aplikasi website “SIPMASBRO” karena hal ini yang sering membuat pihaknya pada Bagian Humas repot melayani telepon untuk menanyakan informasi keberadaan pejabat terutama mulai dari Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Asisten dan seterusnya sampai ke kepala bagian di lingkungan Setdakab Bener Meriah.

Bahkan, terkadang sering sekali para pemangku kepentingan yang ingin menemui pejabat ini harus pulang dan gigit jari karena yang ingin ditemui sedang dinas luar dan tidak adanya informasi kepada siapa nota dinasnya, harapan kita dengan adanya aplikasi ini setidaknya hal-hal demikian dapat diminimalisir, jelas Kabag Humas ini.

Ditanya mengapa perlu sosialisasi kepada para wartawan, jurnalis dan insan pers, Sukur juga menjawab ” bukankah dan penyebarluasan berita kegiatan pimpinan bagian Humas bermitra dengan para wartawan, terutama yang wilayah keranya di Kabupaten Bener Meriah.

Tapi secara khusus bukan karena itu saja, hal ini dilakukan karena dalam aplikasi website “SIPMASBRO” juga tersedia fitur langganan berita sebagai aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh para wartawan,  untuk mendapatkan release berita dari bagian Humas secara otomatis melalui e-mail masing-masing dan sebaliknya bila berita yang direlease para wartawan, jurnalis dan insan pers ingin dipublish lewat aplikasi Website “SIPMASBRO”.

Untuk hal itu, telah disiapkan manual book bila ada para rekan wartawan, yang berminat bergabung dan dalam hal ini tentunya tanpa dipungut biaya.

“Ada beberapa fitur lagi yang kita siapkan untuk mendukung Bagian kami dalam menjalan tugas dan fungsi kami agar mudah, cepat, efektif dan efesien”. “Sedangkan menyangkut aplikasi “SISURON” adalah singjatan dari Sistem Surat Online” yang dikembangkan oleh Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Bener Meriah Taslim, S. Ag. 

Itu juga merupakan rancangan proyek perubahan dalam rangka mengikuti Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan IV pada PKP2A IV LAN RI sama dengan saya”, di jelas Sukur lagi mengakhiri paparannya dalam sosialisasi ini. (LA).

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here