Beranda BERITA Geladi Resik Sesi 2 Persiapan 10.001 Seni Saman Gayo

Geladi Resik Sesi 2 Persiapan 10.001 Seni Saman Gayo

BERBAGI

Blangkejeren (LeuserAntara) : Geladi resik sesi kedua pagelaran tari Saman massal 10.001 digelar di Gayo Lues, tepatnya di Stadion Seribu Bukit, kemarin 6 Agustus 2017.

Setdakab Gayo Lues H.Thalib, Senin (7/8/17) mengatakan, gladi sesi kedua digelar untuk menyatukan gerak penari saman yang bergabung dengan jumlah 10.001 penari.

Selain melihat kekompakan dalam gerakan penari persiapan, ditambah dengan pengeras suara sound sistem agar suara pemandu tari Saman dapat didengar dengan jelas oleh peserta.

Hingga hari ini Pemda terus melengkapi kesiapan administrasi dan untuk masyarakat luar Aceh telah dibagikan informasi baik berupa selebaran, media sosial, cetak, elektronik dan online, supaya warga luar daerah dan manca negara mendapat informasi tentang hal pelaksanaan pada 13 Agustus 2017.

“Persiapan penari telah dilakukan mulai dari semua unsur elemen, kolaborasi perpaduan tarian saman dengan tarian bines juga akan ditampilkan. Salah ┬ásatu upaya mendatangkan pengunjung tentu dengan promosi atau sosialisasi ke publik,” jelasnya.

Sementara itu Camat Blangpegayon, Meutia Khatmi menjelaskan, setiap hari pihaknya memantau persiapan penari saman latihan.

Saman sendiri adalah budaya tarian etnik Gayo secara turun temurun dari nenek moyang, oleh sebab itu, selaku suku bangsa diharap semua pihak tetap melestarikan tarian saman yang diakui oleh Unessco sebagai salah satu warisan dunia tak benda.[] (Teuku Raja)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here