Beranda GAYO LUES Gayo Lues, Hasilkan Sampah 8 Ribu Ton Per Hari

Gayo Lues, Hasilkan Sampah 8 Ribu Ton Per Hari

BERBAGI

GAYO LUES (LeuserAntara): Sekda Kabupaten Gayo Lues H. Thalib, S.Sos. MM memberiksn sambutan dan membuka kegiatan pelatihan peningkatan peran serta masyarakat dalam pengelolaan persampahan. 

Kegiatan tersebut bertempat di Wisma Nusa Indah, Gayo Lues pada, Rabu (26/8/2018).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gayo Lues. Dengan tujuan untuk menambah pengetahuan dan motivasi masyarakat Gayo Lues tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Dalam sambutannya, Bupati Kabupaten Gayo Lues melalui Sekda Kabupaten Gayo Lues menyampaikan, “Memperhatikan lingkungan hidup sudah menjadi tugas pemerintah dan masyarakat. Namun dengan kondisi Gayo Lues sekarang ini, jumlah sampah pun semakin meningkat,” sebutnya. 

Ditambahkan, berdasarkan data BPS tahun 2000 dari 348 daerah, sampah berjumlah 80.235,87 ton perhari. Dari jumlah tersebut, dibuang ke tempat pembuangan kabur (TPA) sebesar 42 persen, yang dibuang ke sungai 4,9 persen dan  yang tidak tertangani 53,3 persen. 

Oleh karena itu, sudah saatnya pemerintah dan masyarakat menemukan solusi untuk permasalahan tersebut, dengan menimbulkan kesadaran kita bersama bahwa pentingnya pengelolaan sampah.

Ada empat permasalahan yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Gayo Lues, yaitu, pertama, kurangnya motivasi masyarakat terhadap lingkungan. 

Kedua, kurangnya manajemen pengelolaan persampahan 

bagi masyarakat. Ketiga, implementasi manajemen pengolahan sampah. Dan keempat, tidak mengertinya teknik daur ulang berbagai jenis sampah kota, organik, plastik, kertas dan logam.(Sahrial)

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here