Beranda ACEH TENGAH Fatimah Wanita Perkasa Dari Gayo Lut

Fatimah Wanita Perkasa Dari Gayo Lut

BERBAGI
Fatimah menggendong anaknya saat berjualan ikan

LUAR BIASA, mungkin ini kata yang pantas disematkan untuk ibu “perkasa” ini. Meski tantangan hidup begitu berat dilakoninya, namun ia tak  menyerah menghadapi dunia.

Adalah Fatimah, 43, warga asal Kec. Kebayakan, Aceh Tengah yang berprofesi sebagai penjual ikan khas Danau Lut Tawar jenis depik (rasbora tawarensis) dan nila dengan berkeliling di daerah kopi ini.

Saban hari ketika mentari baru keluar dari peraduannya, ia mulai meninggalkan rumah dengan berjalan kaki menjaja dagangan. Bahkan seperti tak mengenal lelah ia kerap”belusukan” keluar masuk kampung dan adakalanya ia berjualan di areal perkantoran untuk mengais rezeki.

Uniknya, saat berjualan Fatimah kerap membawa anak bungsunya yang masih balita. Buah hatinya itu digendongnya ke mana-mana.  Belum lagi ditambah ember berisi ikan puluhan kilogram yang ditenteng di kedua tangannya, namun ia tetap semangat.

“Sudah cukup lama saya berjualan ikan. Selain depik, terkadang ada juga mujahir . Dari sinilah sumber hidup keluarga kami,” kata Fatimah dalam per bincangannya dengan penulis.

Sembari menyeka keringat di dahinya, ia berupaya mengencangkan selendang gendong anaknya yang sudah tertidur lelap di punggung bagian belakang. Sedang, isi dua ember barang bawaannya terlihat sedikit berkurang, karena sebagian laku terjual.

Menurut ibu empat anak ini, berjualan ikan keliling harus dilakukannya demi biaya hidup dan sekolah  si buah hati, terkecuali si bungsu yang setiap hari harus digendong di saat berjualan. Sementara sang suami telah lama meninggalkannya karena bercerai.

“Saya ibu sekaligus bapak bagi anak-anak. Walau begitu saya sudah terbiasa. Terpenting dan alhamdulillah saya masih mampu membesarkan mereka,” katanya tabah.

Fatimah adalah sosok “pejuang” ekonomi di zaman modren. Meski pekerjaannya membutuhkan tenaga ekstra, namun ia tak pernah mengeluh. Bermodal kemauan keras dirinya tetap berkeyakinan hari ini dan esok, akan membawa sejuta harapan bagi keluarganya. [] *Mario Linge.

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here