Beranda SUMATRA Erupsi Sinabung, Suarfanya Seperti Helikopter

Erupsi Sinabung, Suarfanya Seperti Helikopter

BERBAGI

Sinabung
Kabanjahe |LeuserAntara| – ┬áSuara letusan gunung Sinabung yang berada di Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara terjadi Minggu pukul 02.51 WIB, terdengar bergemuruh seperti suara pesawat helikopter yang sedang mendarat.

Norman Sitepu (39) warga Desa Berastepu di kawasan gunung Sinabung mengatakan, ia merasa takut dan terkejut ketika terjadinya letusan gunung berapi itu.

Bahkan, jelasnya, saat gunung Sinabung memuntahkan debu vulkanik dan asap yang cukup tebal, Desa Berastepu, Kecamatan Simpang Empat benar-benar gelap gulita.

Peristiwa fenomena alam itu, menurut dia, menambah rasa takut dan mencekam bagi warga desa yang dihuni lebih kurang 800 kepala keluarga (KK).

“Saya tidak menduga gunung berapi itu meletus dan selama ini juga tidak ada tanda-tanda atau pemberitahuan dari petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang bertugas mengawasi gunung Sinabung,” ujarnya, Minggu 15 September 2013.

Norman menyebutkan, saat peristiwa yang mengancam jiwa manusia itu, dia hanya berusaha menyelamatkan tiga orang anaknya beserta isteri.

“Yang terbayangkan pada Minggu (15/9) pagi hari itu adalah bagaimana caranya dapat menyelamatkan anak-anak dan keluarga ke tempat yang aman,” ujarnya.

Dia menjelaskan, tidak bisa membayangkan, saat terjadinya letusan gunung berapi itu.Harta, uang dan barang perhiasan yang berharga lainnya terpaksa ditinggalkan begitu saja.

Namun, yang penting bagi dirinya adalah menyelamatkan nyawa di badan dan tiga orang anaknya yang masih kecil dan perlu pembinaan.

“Saya hanya bisa menyelamatkan baju yang dipakai dibadan dan sejumlah uang di dompet untuk berjaga-jaga,” ucap dia.

Norman menambahkan, siapa yang tidak merasa takut dan cemas, sebab jarak gunung Sinabung yang meletus dengan rumah penduduk hanya lebih kurang 3 kilometer.

“Ini sangat berbahaya dan dikhawatirkan dapat mengencam keselamatan warga, jika tidak secepatnya menyelamatkan diri atau meninggalkan gunung Sinabung yang meletus dan mengeluarkan larva panas,” kata petani sayur di Desa Berastepu tersebut. |ant|

Komentar Via Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here